Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Penyebab Memar Tanpa Sebab

Minyak Kutus Kutus – Memar kulit psti pernah dirasakan oleh setiap orang. Entah karena cedera atau terbentur benda keras. Namun, memar juga dapat terjadi meski tidak mengalami cederan dan benturan. Mengapa bisa?

  1. Olahraga berlebihan
    Olahraga berlebihan bukan hanya menyebabkan nyeri otot, namun juga memungkinkan Anda mengalami memar di sekitar otot yang terpengaruh. Ketika meregangkan otot, Anda melukai jaringan otot yang jauh berada di bawah kulit. Hal tersebut bisa menyebabkan pembuluh darah pecah, dan membuat darah bocor ke area di sekitarnya. Darah yang menggang di bawah kulit tersebut akhirnya menjadi memar.
  2. Penyakit von Willebrand
    Penyakit von Willebrand merupakan penyakit keturunan. Penyakit ini membuat darah menjadi sulit membeku sehingga perdarahan yang terjadi semakin banyak dan lebih lama. Darah yang terperangkap di bawah kulit pun akan menjadi memar.Luka ringan pada penderita penyakit von Willebrand mampu menyebabkan memar yang besar. Selain memar tanpa sebab, gejala lain pada penyakit ini juga meliputi:
    • Mimisan
    • Perdarahan hebat setelah cedera
    • Menstruasi yang berat dan lama
    • Adanya darah dalam urine atau feses.
  3. Obat-obatan tertentu
    Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan memar. Antikoagulan atau pengencer darah, seperti warfarin, dan obat penghilang rasa sakit, seperti ibuprofen, naproxen, dan aspirin, dapat memengaruhi kemampuan pembekuan darah.Ketika darah menjadi lebih lama untuk membeku, maka darah yang terkandung dalam pembuluh darah akan bocor dan berkumpul di bawah kulit sehingga menimbulkan memar. Mengonsumsi obat tertentu secara berlebihan juga bisa mengakibatkan kembung, sakit perut, mulas, sembelit, muntah, atau diare.

Baca juga: Mengenal Penyebab Hingga Pencegahan Terjadinya Keseleo

  1. Kurang nutrisi
    Kurangnya nutrisi tertentu, seperti vitamin C dan vitamin K, bisa menyebabkan memar tanpa sebab. Vitamin K dapat membantu darah membeku sehingga jika kekurangan vitamin ini, maka akan berpengaruh terhadap proses pembekuan darah. Gejala lain yang dapat muncul, yaitu menstruasi yang berat, perdarahan berlebih ketika terluka, dan gusi atau mulut berdarah.Sementara itu, vitamin C mampu membantu kulit dan pembuluh darah untuk menahan penyebab memar. Jadi, jika kekurangan vitamin C maka kulit akan mudah memar. Selain itu, gejala lain yang mungkin dirasakan, yaitu badan lemas, kelelahan, gusi bengkak atau berdarah.
  2. Kanker dan kemoterapi
    Jika seseorang menderita kanker, maka ia akan sering mengalami perdarahan secara berlebih dan memar. Apalagi jika dilakukan kemoterapi, maka mereka akan memiliki trombosit yang rendah. Kurangnya trombosit dapat membuat darah lebih lama membeku sehingga menimbulkan memar pada kulit. Kanker pada bagian tubuh yang berfungsi memproduksi darah dan sulit untuk makan juga memengaruhi kemampuan darah untuk membeku.
  3. Hemofilia
    Hemofilia merupakan kelainan pembekuan darah. Penyakit ini terbagi menjadi dua, yaitu hemofilia A dan B. Penyebab seseorang terkena hemofilia A, yaitu karena hilangnya faktor VIII yang penting untuk pembekuan darah. Gejala hemofilia A meliputi perdarahan berlebih, memar tanpa sebab, serta nyeri sendi dan bengkak.Sementara itu, penyebab hemofilia B adalah hilangnya faktor pembekuan darah yang disebut faktor IX. Meski penyebabnya berbeda, namun hemofilia B memiliki gejala yang sama dengan hemofilia A.
  4. Trombofilia
    Trombofilia adalah kelainan darah yang ditandai dengan kecenderungan darah mudah membeku (penyakit darah kental). Kondisi ini biasanya tidak memiliki gejala sampai gumpalan darah akibat pembekuan yang berlebih terus meningkat. Pembekuan darah ini tentu harus mendapat penanganan medis.Sebenarnya, masih terdapat penyebab lain yang bisa membuat seseorang mengalami memar tanpa sebab, seperti diabetes, trombositopenia, usia yang menua, sindrom Ehlers-Danlos, dan penyakit lainnya. Jika Anda merasa memiliki memar tanpa sebab yang didasari oleh kondisi tersebut, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi Anda.

Anda bisa mengobati memar dengan minyak kutus kutus, pesan di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *