Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian
Manfaat Daun Pepaya yang Baik untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pepaya yang Baik untuk Kesehatan

Kutus Kutus  – Seperti diutarakan sebelumnya, daun pepaya mengandung enzim yang disebut papain. Enzim ini sebetulnya dapat ditemukan di bagian pohon pepaya manapun, termasuk buahnya.

Anda bisa mendapatkan manfaat dari enzim ini dengan memakan daun pepaya mentah (termasuk dengan menjadikannya minuman atau jus) atau mengukusnya sebentar.

Papain termasuk ke dalam enzim proteolitik yang mampu menghancurkan protein sehingga daun pepaya banyak digunakan sebagai pembungkus daging agar menjadi lebih empuk saat dimasak.

Sementara bagi kesehatan, manfaat daun pepaya ini meliputi:

1. Membantu melancarkan pencernaan

Enzim papain yang terdapat pada daun pepaya digunakan sebagai terapi alternatif untuk melancarkan pencernaan.

Dalam hal ini, manfaat daun pepaya berguna untuk mencegah Anda terkena konstipasi maupun perut kembung.

Beberapa pihak juga mengklaim daun pepaya bisa memperbaiki masalah sistem pencernaan, tapi anggapan ini masih butuh penelitian lebih lanjut.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Studi menunjukkan bahwa papain yang terdapat pada daun pepaya dapat menyembuhkan luka pada kulit.

Meski demikian, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu jika memiliki kulit yang sensitif karena papain bisa menyebabkan munculnya reaksi alergi pada kulit Anda.

3. Membantu mengatasi masalah kulit

Karena kaya akan vitamin C dan vitamin A, daun pepaya juga mampu membuat kulit menjadi lebih bercahaya.

Kandungan karpain pada daun pepaya juga dapat mencegah berkembangnya bakteri di kulit, membersihkan kulit dari racun berbahaya, serta melindungi kulit dari gangguan seperti jerawat dan bercak hitam.

Untuk mendapatkan manfaat daun pepaya yang satu ini, Anda disarankan meminum jus pepaya secara rutin.

4. Menumbuhkan rambut

Kandungan karpain yang terdapat pada daun pepaya dapat membantu Anda mengatasi kebotakan atau penipisan rambut.

Bahkan, Anda bisa menjumpai kandungan karpain dalam shampo antiketombe yang dijual bebas karena zat ini juga ampuh menangani si putih yang membandel di kulit kepala.

Karpain juga disebut dapat menjadi conditioner alami bagi rambut. Daun pepaya sudah banyak diolah menjadi bentuk suplemen yang memiliki banyak manfaat, salah satunya meningkatkan sistem imun.

Manfaat daun pepaya yang berbentuk suplemen ini sangat berguna untuk mencegah efek samping dari kemoterapi yang dijalani oleh pasien pengidap kanker.

Baca juga : Kenali dengan Baik Ciri-Ciri dari Madu Kedaluwarsa

6. Mempercepat penyembuhan pasien demam berdarah

Berdasarkan penelitian di laboratorium, jus daun pepaya dapat meningkatkan jumlah trombosit.

Manfaat ini tentu berguna untuk pasien demam berdarah yang wajib menaikkan jumlah trombosit mereka agar cepat sembuh dari penyakit demam berdarah.

Selain itu, manfaat daun pepaya berguna untuk mengatasi gejala penyakit ini.

7. Mengurangi risiko terkena kanker

Manfaat daun pepaya ini bisa didapat karena daun pepaya memiliki kandungan yang sifatnya antikanker. Sebab, daun pepaya mengandung enzim papain dan chymopapain.

8. Mengurangi nyeri haid

Dalam hal ini, air rebusan daun pepaya membantu menurunkan kadar prostaglandin penyebab nyeri haid tak tertahankan (dismenore).

Selain itu, ekstrak daun pepaya kaya kandungan flavonoid yang bekerja sebagai antiperadangan.  Jadi, flavonoid mampu menghambat enzim cyclooxygenase dan lipooksigenase penyebab rasa nyeri.

9. Mengontrol gula darah

Manfaat daun pepaya terbukti menjaga kadar gula darah di dalam tubuh.

Studi yang diujicobakan pada hewan terbitan BMC Complement and Alternative Medicine menemukan bahwa kadar antioksidan dalam daun pepaya mampu menjaga sel yang memproduksi insulin agar tidak mengalami kerusakan.

Terdapat pula anggapan bahwa tanaman pepaya (termasuk daunnya) juga berkhasiat mengobati sejumlah penyakit, misalnya kanker, baik untuk penderita diabetes, infeksi HPV, sakit gusi, dan penyembuhan luka pascaoperasi.

Jangan lupa gunakan minyak herbal Kutus Kutus setiap hari, pesan segera disini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *