Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Macam-macam Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan

Kutus Kutus – Manfaat buah nangka sangatlah mengesankan. Sebab, khasiatnya berpotensi menurunkan berbagai faktor risiko penyakit mematikan. Sebut saja, menurunkan level kolesterol, tekanan darah, hingga gula darah. Selain itu, ilmuwan juga meyakini, buah nangka dapat melawan sel kanker.

Berikut ini sejumlah manfaat buah nangka untuk tubuh, di balik cita rasanya yang nikmat.

1. Menjaga level kolesterol

Kolesterol jahat dalam level yang tinggi, dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti penyakit jantung koroner. Manfaat buah nangka untuk kolesterol dapat diperoleh dari bijinya. Biji buah nangka berpotensi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) tersebut.

Beberapa penelitian pada hewan telah membuktikan, binatang yang diujicobakan menunjukkan penurunan kolesterol jahat, dengan konsumsi rutin biji buah nangka. Tentunya, penelitian lanjutan pada manusia, diperlukan untuk menguatkan hipotesis ini.

2. Menurunkan tekanan darah

Manfaat buah nangka lain yakni potensinya untuk menurunkan tekanan darah. Sebab, buah ini mengandung kalium, yaitu mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Kalium mengurangi tekanan darah dengan menangkal efek jenis mineral natrium, serta menurunkan tensi di dinding pembuluh darah. Agar optimal, Anda disarankan untuk mengonsumsi asupan kalium, sebanyak 4.700 miligram dalam satu hari.

3. Melawan sel kanker

Layaknya makanan dari tumbuhan, buah nangka juga mengandung molekul antioksidan, seperti flavonoid, saponin, dan tannin. Molekul antioksidan sangat penting untuk tubuh, karena dapat melawan radikal bebas penyebab penyakit, termasuk kanker.

Tak hanya itu, zat-zat di atas juga dapat menghambat pembuluh darah baru, yang tumbuh di sekitar sel-sel kanker. Berkurangnya pembuluh darah tersebut, dapat mengurangi aliran darah menuju sel-sel kanker. Riset-riset lanjutan, tentu masih diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat buah nangka ini.

4. Menangani diabetes

Setiap makanan yang kita konsumsi, memiliki indeks glikemik sebagai skor untuk menentukan pengaruh makanan terhadap gula darah dalam tubuh. Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi, lebih berisiko memicu lonjakan pada gula darah seseorang.

Buah nangka memiliki indeks glikemik tingkat menengah. Namun, bagian lain dari buah ini memiliki potensi untuk mengatasi diabetes tipe 2. Hal ini dikaitkan dengan kandungan serat dan protein pada buah nangka yang dapat membantu mencegah naiknya kadar gula darah. Beberapa penelitian, yang dilakukan pada hewan dan uji tabung, memiliki kesimpulan bahwa buah nangka dipercaya efektif membantu pengobatan diabetes.

Baca juga: Kandungan Nutrisi Quinoa yang Jarang Diketahui

5. Memulihkan luka

Buah nangka juga menjadi sumber vitamin C yang baik. Kadar vitamin C nangka yang tinggi memiliki fungsi vital, termasuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta berkontribusi dalam produksi kolagen, yang berperan penting dalam pemulihan luka.

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Pharma, tumbuhan nangka mengandung senyawa antiradang, antibakteri, dan antijamur. Oleh karena itu, Nangka dipercaya mampu menyembuhkan luka. Studi pada hewan uji berkesimpulan, daun pohon nangka dapat memulihkan luka.

6. Mengurangi penyakit kardiovaskular

Kandungan gizi buah nangka yang tinggi kalium bisa bermanfaat untuk mengurangi risiko mengalami penyakit kardiovaskular. Ini karena, kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah, salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Penelitian menunjukkan, bahwa manfaat buah nangka juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Semakin rendah kadar LDL dalam darah, maka semakin rendah pula risiko mengalami serangan jantung atau stroke.

7. Memperbaiki sistem pencernaan

Kalori nangka memang terbilang sedikit, namun buah ini mengandung tinggi serat. Khasiat buah nangka karena kaya akan serat adalah dapat menjaga sistem pencernaan. Serat memiliki peran penting untuk memperlancar sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Selain itu, salah satu manfaat buah nangka untuk diet juga tak perlu diragukan. Nangka mengandung 90% karbohidrat kompleks yang baik untuk dikonsumsi saat menjalani diet untuk menurunkan berat badan. Nangka juga mengandung prebiotik yang membantu pertumbuhan bakteri baik untuk menjaga sistem pencernaan.

8. Menjaga penglihatan tetap baik

Buah nangka mengandung vitamin A, beta karoten, Lutein dan Zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata. Manfaat nangka dari kandungan tersebut adalah dapat mendukung fungsi normal kornea dan membran konjungtiva. Sedangkan kandungan Lutein dan Zeaxanthin adalah karotenoid dalam retina yang dapat menyaring cahaya yang akan masuk ke mata.

Jangan lupa gunakan selalu minyak Kutus Kutus untuk mengatasi berbagai macam penyakit, silahkan pesan disini sekarang  dan rasakan khasiatnya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *