Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Ketahui Keputihan Gatal Apa Penyebabnya

Keputihan Gatal Apa Penyebabnya

Keputihan gatal apa penyebabnya – Perlu diketahui bahwa yang menjadi penyebab vagina bermacam macam sehingga sangatlah disarankan agar wanita memahami apa yang menjadi faktor utamanya. Mengapa demikian? Karena beda penyebab maka beda pula penanganan atau solusinya.

Adapun penyebab vagina menjadi gatal bisa saja dikarenakan salah memilih produk perawatan intim wanita. Atau, bisa juga salah memilih pembalut yang sifatnya tidak tahan bakteri dan sebagainya. Namun, satu hal yang perlu diketahui bahwa penanganan medis bisa diperlukan jika yang menjadi penyebab vagina gatal memang tidak bisa diatasi dengan cara sederhana. Misalnya saja infeksi jamur atau bakteri, kemudian infeksi akibat seksual menular dan eksim.

Apa saja yang menjadi penyebab vagina gatal

Ada banyak penyebab vagina merasa gatal sehingga Anda merasa kurang nyaman untuk beraktifitas sehari hari. Nah, berikut ini beberapa penyebabnya antara lain :

  • Iritasi

Iritasi adalah salah satu penyebab vagina menjadi gatal dimana pada saat ini kulit vagina mengalami alergi terhadap bahan kimia yang terkontak secara langsung. Adapun produk yang dimaksud seperti sabun mandi, pelumas vagina, pembalut hingga sabun pembersih.

  • Infeksi jamur

Kondisi ini membuat vagina mudah menjadi gatal, keputihan, iritasi dan pastinya tidak menyenangkan. Jika tidak diatasi dengan baik maka akan menimbulkan masalah yang lebih parah lagi. Misalnya saja akan tumbuh jamur candida albicans di dalam vagina.

Adapun kesalahan dalam memilih celana dalam, kemudian sering mengkonsumsi antibiotik tertentu, penggunaan permbersih vagina secara berlebihan dan mengkonsumsi pil KB kerap dianggap menjadi faktor penyebabnya.

Baca juga Solusi Gatal dan Iritasi dengan Minyak Kutus Kutus

  • Infeksi bakteri

Keputihan gatal apa penyebabnya yang juga menjadi pemicunya adalah infeksi bakteri akibat terganggunya keseimbangan bakteri yang ada pada vagina. Akibatnya, bakteri jahat muncul yang tidak bisa dikendalikan pada vagina.

Biasanya, kondisi ini ditandai dengan munculnya rasa gatal dan disertai gejala lain seperti keputihan, rasa terbakar pada vagina hingga terasa bau amis.

  • Menopause

Wanita yang mengalami menopause juga beresiko akan mengalami gatal pada vagina. Kondisi ini terjadi karena kadar estrogen didalam tubuh mengalami penurunan sehingga membuat vagina menjadi kering dan mudah gatal.

Bagaimana Cara Mengatasi Vagina Gatal

Seperti yang dijelaskan pada awal artikel bahwa yang men jadi penyebab vagina gatal banyak variasinya. Meski demikian, untuk meredakan rasa gatal tersebut maka ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan seperti :

  • Menggunakan pakaian dalam bahan katun

Pakaian dalam yang menggunakan bahan katun dipercaya bisa meningkatkan sirkulasi udara dengan baik. Tentu saja, organ intim akan terasa nyaman dan pastinya akan mencegah terjadi infeksi jamur.

  • Mandi dengan air hangat

Jika dirasa vagina gatal maka sangat disarankan agar mengurangi penggunaan sabun yang menggunakan parfum atau pembersih vagina. Sebaliknya, sangat disarankan agar mandi dengan air hangat karena dipercaya bisa meringankan rasa gatal pada vagina.

  • Menggunakan produk herbal

Saat ini cukup produk herbal yang dipercaya bisa mengatasi rasa gatal pada vagina. Namun, Anda harus benar benar memilih agar tak salah produk seperti menggunakan bahan herbal yang sudah teruji secara klinis.

Adapun produk yang dimaksud adalah minyak kutus kutus, yang menggunakan bahan alami dan diproses dengan teknologi canggih. Untuk manfaatnya sendiri sudah diakui melalui sertifikat dari BPOM dan MUI.

Tertarik untuk membeli? Jangan ragu, segera hubungi admin di nomor yang tertera pada website ini sekarang juga dan kami siap merespon pesanan Anda. Bagaimana, sudah tahu keputihan gatal apa penyebabnya bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us