Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian
Jenis Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Jenis Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Kutus Kutus – Sayuran hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, hingga ikan juga bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan kalsium di tubuh. Memenuhi kebutuhan kalsium penting dengan mengonsumsi makanan tinggi kalsium berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Asupan kalsium yang cukup membantu Anda agar terhindar dari osteoporosis. Sebab, sebanyak 99% kalsium, tersimpan di tulang dan gigi. Perlu diketahui makanan tinggi kalsium adalah sumber kalsium yang paling mudah diserap tubuh.

Oleh karena itu, Anda direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan melalui makanan tinggi kalsium dibandingkan mengonsumsi suplemen.

Berikut ini ragam makanan yang mengandung kalsium:

1. Susu

Susu merupakan sumber kalsium yang sudah sangat tersohor. Hal ini tidak mengherankan, sebab dalam segelas atau sekitar 240 ml susu sapi, sudah terdapat 276-352 mg kalsium, tergantung dari jenis susu tersebut.

Selain susu sapi, susu kambing juga bisa menjadi sumber kalsium alami yang baik untuk tubuh. Bahkan, kandungan kalsiumnya lebih tinggi yaitu sekitar 327 mg per gelas.

2. Keju

Selain dikonsumsi dalam bentuk susu cair, produk olahannya seperti keju juga bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.

Jenis kejunya pun bisa disesuaikan dengan kesukaan Anda, sebab hampir semuanya memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

Baca juga : Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

3. Yogurt

Bosan minum susu dan makan keju untuk memenuhi kebutuhan kalsium? Cobalah olahan susu lain seperti yogurt. Yogurt adalah makanan tinggi kalsium yang telah terbukti.

Mengonsumsi satu porsi yogurt atau sekitar 245 gram sudah bisa membantu memenuhi rekomendasi konsumsi kalsium harian sebanyak 30%.

4. Tahu

Selain produk olahan susu, tahu juga didapuk sebagai salah satu makanan yang mengandung kalsium. Namun, kandungan kalsium yang ada di dalam tahu bisa berbeda-beda, tergantung dari jenis tahu dan tingkat kepadatannya.

Dalam setengah porsi tahu sebagai makanan tinggi kalsium atau sekitar 64 gram, kandungan kalsium yang ada di dalamnya bisa berkisar antara 275 – 861 mg.

5. Brokoli

Rutin mengonsumsi brokoli dinilai bisa mengurangi risiko kanker. Tak hanya itu, brokoli juga merupakan sayuran yang mengandung kalsium.

Anda bisa menambahkannya ke dalam menu harian sebab dalam satu porsi brokoli atau sekitar 128 g, mengandung kurang lebih 87 mg.

6. Ubi

Satu buah ubi berukuran besar mengandung sekitar 68 mg kalsium. Selain itu, umbi-umbian ini juga kaya akan kandungan kalium, vitamin A, dan vitamin C.

Sehingga, tidak hanya bisa mendapatkan manfaat dari kalsium, mengonsumsi ubi juga akan membuat Anda terhindar dari penuaan dini, risiko kanker berkurang, dan kesehatan mata jadi meningkat.

7. Ikan sarden kalengan

Kalsium juga bisa Anda dapatkan dari seporsi ikan sarden kalengan yang banyak tersedia di supermarket. Ikan tersebut dinilai bisa membantu memenuhi 35% rekomendasi kebutuhan kalsium harian.

8. Biji chia

Biji chia adalah makanan yang mengandung kalsium. Dua sendok makan biji chia sudah bisa memberikan asupan kalsium sebanyak 179 mg.

Biji-bijian ini juga mengandung boron, senyawa yang baik untuk tulang karena berfungsi membantu metabolisme kalsium, fosfor, dan magnesium dalam tubuh.

9. Kacang edamame

Sering dijadikan camilan sehat, kacang edamame rupanya juga bisa dijadikan sebagai salah satu makanan yang mengandung kalsium. Dalam satu porsi edamame atau sekitar 128 gram, sudah terdapat 98 mg kalsium.

Tak hanya itu, kacang asal negeri sakura ini juga mengandung protein berkualitas tinggi dan semua jenis asam amino esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Jaga selalu kesehatan Anda setiap saat, untuk segala jenis penyakit selalu gunakan Minyak Kutus Kutus, silahkan pesan disini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *