Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Beberapa Gangguan Metabolisme Tubuh Ini Perlu Kamu Waspadai serta Cara Meningkatkannya Kembali

Kutus Kutus – Memiliki tubuh yang bugar dan prima menjadi impian banyak orang. Rahasia tubuh yang sehat terletak pada proses metabolisme. Metabolisme sendiri adalah proses mengubah zat gizi dari makanan yang dilakukan tubuh untuk mendapatkan energi. Sehingga fungsi tubuh seperti pernapasan, detak jantung, hingga fungsi otak berkerja dengan sempurna.
Yang diperlukan dalam proses metabolisme, yang pertama adalah sumber energi berupa karbohidrat (dalam bentuk monosakarida yaitu glukosa), lemak (dalam bentuk asam lemak dan gliserol) atau protein (dalam bentuk asam amino) juga diperlukan oksigen yang cukup.
Berikut kami rangkum dari Herbeauty tanda penting yang perlu kamu waspadai saat metabolisme tubuh melemah, diantaranya adalah :

  1. Merasa Lelah Setiap Saat
    Saat kamu melakukan kegiatan yang lebih lambat dari biasanya, namun perasaan ngantuk dan lelah muncul, maka kamu perlu berhati-hati dengan kondisi tersebut.
  2. Berat Badan Naik
    Kalau kamu mengalami berat badan yang tidak stabil, padahal konsumsi makanan dengan baik serta olahraga teratur. Itu merupakan salah satu tanda metabolisme menurun. Kamu bisa mengeceknya secara rutin atau berkala untuk memastikan kesehatan metabolismemu.
  3. Mustahil untuk Menurunkan Berat Badan
    Menurunkan berat badan menjadi terasa susah karena bertambahnya usia. Namun alasannya tak hanya itu, metabolisme tubuhmu yang menurun juga merupakan penyebab salah satunya.
  4. Kulit Kering
    Tanda-tanda metabolisme kamu menurun adalah segala proses nutrisi yang masuk menjadi melambat. Jadi, walaupun kamu sudah minum air dan memberikan pelembab pada kulit, kulit mu akan nampak selalu kering dan kusam.
  5. Rambut Rontok
    Sama halnya dengan kulit kering. Metabolisme yang menurun juga sulit menutrisi rambut mu. Hal itu lah yang membuat rambut jadi suka rontok. Untuk mengatasinya, kamu perlu membicarakannya pada dokter.
  6. Sembelit
    Sistem metabolisme yang rendah juga akan membuat makanan sulit untuk dicerna. Hal ini akan menyebabkan sembelit.

Baca Juga: Sulit Tidur Dimalam Hari : Mengapa Insomnia Bisa Terjadi?

  1. Merasa Kedinginan Setiap Saat
    Bukan merasa dingin pada umumnya. Namun kamu selalu merasa dingin dalam segala kondisi. Hal ini merupakan salah satu dari gangguan metabolisme yang terjadi pada tubuh mu.
  2. Sering Sakit Kepala
    Kalau kamu juga sering mengalami sakit kepala, itu berarti menunjukkan kalau ada yang bermasalah pada metabolisme mu.
  3. Suka Mengonsumsi Gula
    Salah satu hal lainnya dari gangguan metabolisme adalah kamu suka atau selalu ingin untuk mengonsumsi gula dan karbohidrat.
  4. Depresi
    Kesehatan usus juga dipengaruhi oleh metabolisme dan juga mempengaruhi suasana hati. Metabolisme yang menurun dapat memperlambat fungsi tubuh. Hal inilah yang menyebabkan perasaan Depresi.
    Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh
    Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan metabolisme tubuh yang bisa Anda lakukan agar tubuh Anda membakar lebih banyak kalori:
  5. Tidur yang cukup
    Kurang tidur dapat mengurangi jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh, meningkatkan hormon stres yang bisa meningkatkan penimbunan lemak, serta memicu rasa lapar. Inilah alasan mengapa orang yang kurang tidur mudah merasa lapar dan sulit menurunkan berat badan.
  6. Sering bergerak dan rutin olahraga
    Kebiasaan jarang bergerak atau kurang olahraga bisa menyebabkan metabolisme melambat. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk rajin berolahraga dan aktif bergerak agar metabolisme tubuh meningkat sehingga tubuh dapat membakar lebih banyak kalori.
    Jenis olahraga yang dapat membuat tubuh Anda aktif bergerak adalah olahraga kardio, seperti lari atau senam aerobik. Anda juga bisa melakukan olahraga dalam bentuk permainan, seperti basket, voli, atau bulu tangkis, agar lebih menyenangkan.
  7. Lakukan latihan angkat beban
    Latihan kekuatan atau angkat beban merupakan salah satu bentuk olahraga yang juga baik untuk meningkatkan metabolisme.
    Latihan kekuatan dengan mengangkat beban tidak hanya membakar kalori, tetapi juga membantu pembentukan jaringan otot. Semakin banyak atau semakin besar massa otot, tingkat metabolisme tubuh juga akan semakin tinggi.
  8. Konsumsi minyak sehat
    Konsumsi makanan berminyak yang mengandung banyak lemak jenuh dan kolesterol dapat menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh, sehingga berat badan akan naik dan sulit untuk turun.
    Namun, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi lemak sama sekali. Anda tetap perlu mengonsumsi lemak karena lemak dibutuhkan oleh tubuh, tetapi pilihlah jenis lemak yang sehat.
    Beberapa studi juga menyebutkan bahwa konsumsi makanan yang mengandung lemak sehat bisa menghalau rasa lapar lebih lama, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. Tak hanya itu, konsumsi lemak yang sehat juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular dan diabetes.
  9. Perbanyak asupan protein
    Tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk mengolah protein menjadi asam amino sehingga bisa diserap oleh tubuh. Inilah alasan mengapa memperbanyak asupan protein dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak kalori.
    Selain itu, makanan tinggi protein juga membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan, sehingga bisa membantu Anda menjaga berat badan.
  10. Perbanyak minum air putih
    Salah satu cara meningkatkan metabolisme tubuh yang cukup sederhana adalah dengan minum air putih. Beberapa studi menyebutkan bahwa minum cukup air putih, terutama air dingin, dapat membuat tubuh membakar lebih banyak kalori.
    Minum air putih sebelum makan juga akan membuat tubuh lebih cepat kenyang, sehingga Anda lebih mudah untuk mengontrol porsi makan. Meski demikian, manfaat air putih untuk meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan masih perlu diteliti lebih lanjut.
  11. Konsumsi makanan pedas
    Makanan pedas ternyata juga dapat meningkatkan metabolisme dan memicu tubuh untuk membakar jaringan lemak. Tak hanya itu, kandungan zat capsaicin yang memberikan cita rasa pedas pada makanan juga diketahui dapat menekan rasa lapar.
    Namun, jangan lupa untuk tetap memperhatikan jumlah makanan pedas yang Anda konsumsi, ya. Hindari konsumsi makanan pedas berlebihan karena hal ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan, seperti diare dan maag.
    Pada dasarnya, setiap orang memiliki tingkat metabolisme yang berbeda-beda. Jika Anda ingin mencoba cara meningkatkan metabolisme tubuh guna mengurangi berat badan, lakukanlah secara bertahap. Mengurangi berat badan secara perlahan terbukti lebih efektif dan sehat dibandingkan menguranginya secara drastis dalam waktu singkat.

Anda bisa meningkatkan metabolisme tubuh menggunakan produk dari kutus kutus, pesan di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *