Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Tips Mencegah Bau Mulut Ketika Berpuasa

Kutus Kutus – Ketika melaksanakan ibadah puasa, tubuh beradaptasi untuk menerima pola makan yang baru. Sebenarnya, kamu masih bisa makan sebanyak tiga kali dalam sehari, tetapi waktunya saja yang berubah. Selain mengakibatkan lemas dan lapar, terdapat beberapa masalah kesehatan yang muncul. Salah satunya adalah masalah bau mulut yang hampir dirasakan oleh orang berpuasa, bau mulut membuat rasa percaya diri turun.

Apakah kamu sering mengalami bau mulut juga? Tahukah kamu apa menjadi penyebab bau mulut pada saat berpuasa? Alasan utama hal ini terjadi lantaran saat berpuasa produksi air liur dalam mulut berkurang akibat tidak ada asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh selama puasa. Padahal, air liur adalah cairan pembersih alami yang mengandung enzim untuk mencerna serat dan glikoprotein untuk melindungi mukosa mulut. Air liur juga berfungsi sebagai sistem imun untuk menghadang bakteri dan virus yang masuk melalui mulut.

Akibat kondisi ini, maka rongga mulut kering dan menjadi tempat yang baik untuk berkembangnya koloni bakteri dalam lidah, gigi dan mulut, yang menimbulkan bau mulut yang kurang sedap.

Namun, penyebab bau mulut tidak hanya karena kekurangan cairan, tapi bisa karena masalah kesehatan gigi dan mulut serta gangguan asam lambung. Untuk itu, penting menjaga kesehatan mulut dengan rutin menyikat gigi Sebab sisa-sisa makanan yang menumpuk di permukaan lidah, gusi, dan di antara gigi bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri untuk berkembang biak. Kemudian bau mulut pun akan terjadi.

Penyebab terakhir adalah masalah kesehatan pencernaan. Cairan pencernaan ini akan tetap keluar meski tidak ada asupan makanan selama puasa. Nah, kondisi ini yang memengaruhi lapisan perut sehingga mengakibatkan timbulnya bau busuk seperti bau makanan basi. Selain itu, proses metabolisme menggunakan cadangan lemak dalam tubuh melepaskan bahan kimia berupa keton yang keluar bersamaan dengan keluarnya napas. Hal ini yang menambah aroma mulut jadi tidak segar.

Tips Mecegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Agar ketikan seharian berpuasa penuh mulut kamu tetap terasa segar dan bersih, kamu perlu melakukan langkah-langkah pencegahan bau mulut saat puasa. Yuk, simak tipsnya di bawah ini.

  • Hindari makanan beraroma menyengat ketika sahur
  • Mengonsumsi makanan beraroma yang menyengat bisa menyebabkan mulut kamu terasa lebih bau, tidak hanya terasa 1 hari bahkan 2 hari pun terkadang aroma tersebut susah hilang. Misalnya jengkol atau bawang bombai, meskipun nikmat cobalah untuk menghindari dahulu.
  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi saat sahur dan buka puasa.
  • Bakteri penyebab bau mulut akan berkembang biak kian pesat bila dalam mulut tersisa banyak gula. Meskipun kamu juga membutuhkan gula sebagai sumber tenaga untuk menjalani aktivitas seharian
  •  Cegah mulut jadi kering dengan banyak minum air ketika sahur dan berbuka. Semakin kering mulut Anda, semakin tinggi juga kemungkinan munculnya bau mulut. Selain untuk mencegah bau mulut, mengonsumsi air yang banyak juga bermanfaat untuk tubuh kamu.
  •  Sebelum tidur, berkumurlah dengan air garam.
  • Kamu cukup melarutkan satu sendok teh garam dalam segelas air hangat. Kemudian kumur selama tiga puluh detik dan buang, jangan ditelan. Air garam berfungsi seperti antiseptik yang akan mengusir bakteri penyebab bau mulut.
  •  Isap dan kunyah jeruk atau lemon saat sahur dan buka puasa.
  • Keduanya mampu meningkatkan produksi air liur sehingga mulut pun tak akan jadi kering dan bau.

Pakai Kutus Kutus yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya,
minyak herbal alami yang banyak manfaatnya, klik disini untuk pemesanan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *