Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Tips Berpuasa bagi Pengidap Asam Lambung

Kutus Kutus – Puasa membuat pola makan kita menjadi berubah. Kita tidak akan makan dan minum selama hampir 14 jam.  Tubuh tidak akan menerima asupan makanan atau minuman sama sekali, termasuk obat-obatan.

Bagi orang sehat, menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh mungkin tidak menjadi masalah. Tetapi bagi pengidap penyakit asam lambung (GERD), mungkin akan merasa waswas saat ingin menjalankan puasa. Sebab, bisa saja penyakit mereka akan bertambah semakin parah. Wajar saja jika pengidap GERD merasa waswas sebab pola makan yang berubah. Namun, jika pengidap menaati aturan makan yang sehat, puasa aman untuk dilakukan.

Kabar baiknya, puasa terbukti dapat membantu meringankan penyakit asam lambung. Manfaat puasa untuk meringankan penyakit asam lambung diungkapkan oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Acta Medica Indonesiana – The Indonesian Journal of Internal Medicine pada 2016. Penelitian tersebut dilakukan pada 130 orang yang sudah didiagnosis mengidap GERD. 66 orang di antaranya menjalankan puasa Ramadan, sedangkan 64 orang lainnya tidak berpuasa. Hasilnya, pengidap yang menjalani puasa mengaku merasakan keluhan GERD yang lebih ringan dibanding mereka yang tidak berpuasa.

Ternyata, hal itu dapat terjadi adalah karena adanya perubahan pola makan dan gaya hidup selama berpuasa. Puasa menjadikan makan lebih teratur, yaitu saat sahur dan berbuka puasa. Selain itu, puasa juga menjauhkan pengidap dari keinginan untuk mengonsumsi camilan-camilan yang tidak sehat sepanjang hari, termasuk cokelat, keju, dan gorengan yang bisa memicu asam lambung.

Saat berpuasa, kebiasaan merokok juga pasti berkurang. Pembatasan asupan makanan dari tiga kali menjadi dua kali juga ikut mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Pembatasan asupan makanan saat berpuasa akan membuat tubuh menghancurkan lemak dalam tubuh lebih banyak dari biasanya, sehingga berat badan bisa berkurang. Pembatasan makanan juga bisa mengurangi radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Dengan berpuasa, kadar gula dan kolesterol pun juga menjadi lebih terkontrol.

Tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, puasa juga bisa bermanfaat bagi kesehatan mental. Berpuasa tidak hanya sekadar menahan lapar dan haus, tetapi juga menahan emosi dan semua pikiran buruk. Dengan begitu, keadaan jiwa menjadi lebih tenang dan tingkat stres bisa menurun. Dengan berkurangnya tingkat stres, risiko asam lambung naik juga akan berkurang.

Tips Berpuasa bagi Pengidap Asam Lambung

Untuk Anda pengidap GERD atau juga asam lambung, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk menjalankan ibadah puasa. Agar puasa Anda bisa berjalan dengan lancar dan aman, Anda bisa ikuti tips berikut ini.

1. Jangan Pernah Melewatkan Sahur

Melewatkan makan sahur bisa memperparah kondisi asam lambung di siang hari, sebab perut dalam keadaan kosong dalam waktu yang lama. Jadi, usahakanlah untuk selalu bangun tepat waktu untuk makan sahur. Selain menjadi sumber nutrisi bagi tubuh untuk beraktivitas selama berpuasa sepanjang hari, makanan yang masuk ke dalam perut Anda saat sahur juga dapat mencegah asam lambung naik ke tenggorokan.

2. Berbuka Puasa Tepat Waktu

Setelah tidak makan dan minum sama sekali selama kurang lebih 14 jam, perut Anda yang kosong perlu segera diisi dengan makanan. Jangan menunda-nunda untuk makan saat berbuka puasa. Perut butuh untuk mencerna makanan, sehingga asam lambung yang diproduksi bisa langsung digunakan untuk mengolah makanan yang masuk. Selain baik untuk kesehatan, berbuka puasa dengan segera memang dianjurkan dalam agama Islam.

3. Makan dengan Perlahan

Meskipun Anda merasa sangat lapar, jangan sampai membuat Anda makan tanpa mengunyah dengan baik. Makanan yang tidak dikunyah dengan benar akan memicu asam lambung meningkat. Jadi, makanlah dengan perlahan, sehingga Anda bisa terhindar dari naiknya asam lambung .

4. Makan dengan Porsi Kecil

Anda tidak perlu “membalaskan dendam” Anda karena tidak makan seharian. Ssahakan untuk tidak makan terlalu banyak. Perut Anda perlu waktu untuk mencerna makanan. Jika Anda makan dengan prosi besar dan tergebu-gebu, malah akan memicu naiknya asam lambung.

Nah, itulah penjelasan tips menjalankan puasa bagi pengidap asam lambung.

Semoga puasa Anda bisa berjalan dengan baik ya. 

Pakai Kutus Kutus yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya,
minyak herbal alami yang banyak manfaatnya, klik disini untuk pemesanan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us