Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Tips Agar Puasa Kamu Lancar di Tengah Pandemi Virus Corona

Kutus Kutus – Kita akan segera memasuki bulan ramadhan, bahkan tinggal hitungan beberapa jam lagi. Tiba saatnya bagi umat Islam untuk menunaikan puasa dan memperbanyak ibadah di bulan suci ini.

Agar dapat menjalani Ramadhan semaksimal mungkin dan dengan kondisi tubuh yang fit, kita perlu berupaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Sambil mengikuti ibadah berpuasa yang memang dapat menyehatkan, kita juga perlu melakukan hal-hal lain yang bisa membuat badan terasa bugar di sepanjang bulan suci. Hal ini diperlukan, karena kali ini kita akan beribadah di tengah situasi pandemi COVID-19. Lebih dari biasanya, kita perlu memiliki gaya hidup yang baik, agar tubuh tetap sehat selama beribadah.

Secara umum, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan selama Ramadhan. Di antaranya, dengan tetap mengonsumsi makanan bergizi, beristirahat yang cukup, juga memiliki gaya hidup yang teratur. Selain itu, kita juga perlu untuk memperhatikan kondisi kesehatan khusus yang dimiliki sebelumnya, sekaligus tetap berolahraga pada saat yang memungkinkan.

Simak penjelasan artikel ini untuk mengetahui tips untuk menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan di tengah Corona.

Konsumsi Makanan Bergizi di Saat Sahur Dan Berbuka

Di bulan ramadhan, jadwal makan kita akan berubah. Kini, kita hanya makan besar dua kali sehari yaitu saat sahur dan berbuka. Usahakan untuk tidak melewatkan sahur, karena waktu sahur menjadi awal tubuh mendapatkan nutris untuk menjalanin hari.

Sebisa mungkin, kita perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Di antaranya, seperti daging, sayur, dan buah-buahan yang kaya akan protein dan vitamin . Bila diperlukan, kita juga bisa mencoba menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi vitamin-vitamin tertentu.

Ssahakan untuk menjauhi mengonsumsi makanan olahan di bulan puasa ini. Sebab, makanan olahan, termasuk fast food dan beberapa makanan kalengan cenderung memiliki jumlah nutrisi yang lebih sedikit.

Perhatikan Kondisi Kesehatan Khusus

Anda juga perlu memperhatikan kondisi kesehatan khusus yang dialami selama bulan Ramadhan ini. Misal, bagi Anda yang mengidap penyakit maag atau gastritis, agar puasa Anda tetap lancar, hindari mengkonsumsi makanan yang bisa memicu kondisi ini kambuh. Artinya, Anda perlu membatasi makanan yang terlalu pedas dan berminyak, maupun minuman seperti kopi dan soda. Jika pun Anda tetap ingin mengkonsumsinya, usahakan untuk hanya mengambil dalam jumlah sedikit.

Tetap Berolahraga

Anda juga bisa menjaga kesehatan dengan tetap berolahraga di masa Ramadhan ini. Tidak perlu mencoba olahraga yang terlalu berat, asalkan badan tetap berkeringat dan bergerak. Misal, dengan melakukan bodyweight training yang ringan ataupun yoga. Bila takut membebani tubuh, kita bisa memilih untuk berolahraga beberapa jam sebelum berbuka. Jangan sampai anda tidak melakukan olahraga sedikitpun.

Istirahat yang Cukup

Tips selanjutnya, Anda juga perlu menjaga kesehatan dengan beristirahat yang cukup. Ini termasuk dengan menjaga pola tidur yang teratur di malam hari. Sebisa mungkin, hindari terjebak dalam pola tidur begadang, seperti baru tidur sehabis Subuh. Sebab, pola seperti ini hanya akan membuat tubuh lebih lemah dan rentan terkena penyakit. Bahkan, istirahat yang dilakukan selama bulan suci akan mendapatkan nilai pahala juga.

Menyusun Jadwal

Selanjutnya, kita dianjurkan untuk menyusun skala prioritas dan jadwal aktivitas selama Ramadhan. Ini bisa dilakukan dengan membagi waktu beristirahat, beribadah, juga waktu untuk bekerja dari rumah. Usahakan untuk mengikuti jadwal yang ada sebaik mungkin, agar Anda tetap bisa produktif sekaligus banyak mendapatkan porsi untuk beribadah. Dengan mengikuti jadwal dan menyusun prioritas, Anda juga bisa memberikan jeda bagi tubuh untuk beristirahat, agar tidak kelelahan karena serangkaian aktivitas yang dilakukan sambil berpuasa.

Selamat menunaikan ibadah puasa!

Semoga puasa anda berjalan dengan baik dan mendapatkan pahala!

Pakai Kutus Kutus yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya,
minyak herbal alami yang banyak manfaatnya, klik disini untuk pemesanan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us