Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Siapa Bilang Ayam Tidak Bisa Dijadikan MPASI?

Kutus Kutus – Memasuki usia 6 bulan ke atas, si kecil sudah bisa dikenalkan dengan MPASI. Biasanya para ibu sudah mulai sibuk membuat makanan pendamping ASI (MPASI). Segala macam resep bubur untuk bayi 6 bulan dicoba sebagai variasi makanan untuk si Kecil, salah satunya bubur berbahan dasar daging ayam. Menu bubur ini ternyata sangat baik bagi si Kecil.

Walaupun daging ayam baik bagi si Kecil, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ya. Sebaiknya, gunakan ayam kampung untuk menu MPASI ini. Ayam kampung dan ayam negeri memiliki kandungan gizi yang sama, tetapi pakan kedua jenis ayam tersebut berbeda. Mengapa?

Pakan ayam kampung masih berasal dari bahan-bahan alami, sedangkan pakan ayam negeri biasanya sudah diberi suplemen dan hormon tertentu. Nah, hormon-hormon tersebut akan tetap tersimpan di dalam tubuh ayam negeri. Sebaiknya hindari si Kecil untuk mengonsumsi ayam negeri, karena sangat tidak dianjurkan ya.

Ayam kampung memang sulit ditemukan, harganya pun lebih mahal dibandingkan ayam negeri. Jika tidak ada pilihan lain, si Kecil boleh diberikan ayam negeri. Namun, hindari terlalu sering mengonsumsinya. Pasalnya jika dikonsumsi terlalu sering, maka kandungan yang terdapat pada pakan ayam negeri akan banyak masuk ke dalam tubuh si Kecil. Dengan begitu, secara tidak langsung si Kecil juga ikut mengonsumsi zat aditif yang sangat tidak mendukung tumbuh kembangnya.

Apa sih zat aditif itu? Zat aditif merupakan zat tambahan pada makanan yang membuat makanan tersebut menjadi lebih lezat, beraroma, dan tahan lama. Contohnya yaitu garam, gula, penyedap rasa, dan bahan pengawet.

Resep Membuat Bubur Bayi Berbahan Ayam

Banyak kreasi yang dapat dibuat menggunakan ayam. Karena ayam dapat dimasak dengan macam-macam cara. Namun lain ceritanya jika membuat MPASI si Kecil. Tidak semua menu orang dewasa dapat dikonsumsi si Kecil.

Mungkin kamu masih bingung, resep apa yang dapat dicoba untuk membuat MPASI berbahan ayam. Berikut resep bubur saring ayam, yuk simak!

Bahan-bahan yang diperlukan yaitu:

  1. Beras 20 gr.
  2. Air 650 ml.
  3. Daging ayam kampung (giling) 25 gr.
  4. Tahu potong kecil 30 gr.
  5. Wortel serut 25 gr.
  6. Tomat potong kecil 30 gr.
  7. Minyak zaitun 1 sdt.

Jika bahan sudah siap semua, langsung saja kita mulai eksekusinya!

Rebus daging ayam, tahu, beras, dan air. Aduk terus hingga mengental dan menjadi bubur.

Jika sudah menjadi bubur, masukkan wortel dan tomat. Aduk lagi hingga matang.

Masukkan minyak zaitun dan aduk hingga merata.

Setelah bubur sudah dingin, blender hingga halus.

Bubur saring ayam pun siap disajikan. Resep di atas cukup mudah untuk dicoba kan? Daripada kamu membeli bubur bayi di pasaran atau bubur buatan pabrik, nyatanya bubur buatan sendiri lebih sehat dan sedap. Kita tak tahu, apakah benar bubur yang dijual di pasaran benar-benar bebas dari zat aditif, seperti gula, garam, bahan pengawet, dan penyedap rasa.

Perlu diperhatikan bahwa sistem pencernaan bayi usia 6 bulan belum kuat untuk mencerna makanan yang bertekstur kasar. Oleh karena itu, berikan bubur yang bertekstur lembut dan encer, seperti bubur saring ayam di atas. Kamu juga dapat mengombinasikannya dengan berbagai macam sayuran. Yang terpenting adalah tidak mengandung zat aditif (gula, garam, dan penyedap rasa), lembut, encer, dan higienis.

Pakai Kutus Kutus yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya, minyak herbal alami yang banyak manfaatnya, klik disini untuk pemesanan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *