Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Selain Celana Dalam Lembab, Apa Lagi Penyebab Gatal pada Selangkangan?

Kutus Kutus – Gatal pada selangkangan memang sangat mengganggu. Ketika kita berada di keramaian, tidak pantas kita menggaruknya. Beda halnya jika yg gatal di bagian tubuh lain, kita tidak akan canggung menggaruknya di tempat umum.

Memakai celana dalam lembab menjadi salah satu penyebab gatal pada selangkangan. Bayangkan saja, celana dalam lembab dapat memicu tumbuhnya jamur di selangkangan sehingga menyebabkan gatal di selangkangan.

Selain karena memakai celana dalam lembab, ada banyak penyebab gatal pada selangkangan. Nahh, daripada penasaran mending simak informasinya berikut ini.

1. Tidak menjaga kebersihan alat kelamin

Salah satu area tubuh yang selalu tertutupi ialah selangkangan. Tidak hanya ditutupi satu lapis kain bahkan hingga 2 atau 3 lapis. Banyaknya lapisan yang menutupi selangkangan membuat  udara di bagian selangkangan jauh lebih hangat di bandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

Daerah genital ini wajib mendapat perhatian lebih, rutin untuk menjaga kebersihannya dapat menjauhkan dari penyakin lainnya. Selain itu, adanya rambut kemaluan membuat keringat, sel kulit mati, dan kuman rentan berkembang. Kamu juga harus rutin membersihkan/mencukur rambut kemaluan. Hal inilah yang memicu orang mengalami gatal di selangkangan.

 

2. Iritasi

Iritasi kulit bisa disebabkan oleh gesekan antar kulit atau gesekan kulit pada celana. Rasa gatal yang dirasakan memaksa kita untuk menggaruknya, tapi ingat, jika anda menggaruk di bagian yang iritasi akan menyebabkan peradangan pada lapisan luar kulit sehingga membuat kulit menjadi kemerahan, ruam seperti luka bakar, gatal-gatal dan bahkan bersisik.

3. Infeksi jamur

Seperti yang telah dijelaskan, jamur dapat tumbuh di daerah lembab dan hangat. Selangkangan adalah tempat yang cocok untuk tumbuhnya jamur. Jamur yang tumbuh disekitar selangkangan menjadi penyebab gatalnya pada selangkangan.

Tinea cruris adalah infeksi dermatofit pada daerah selangkangan yang biasa dikenal sebagai kurap. Sebenarnya jamur penyebab kurap secara alami hidup di jaringan kulit, rambut, dan kuku yang mati. Dalam banyak kasus, keberadaan jamur ini tidak berbahaya. Akan tetapi, jamur ini dapat berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan infeksi ketika daerah yang tinggalinya hangat dan lembap.

Inilah yang menjadi alasan mengapa kurap lebih sering muncul di kulit di sekitar selangkangan, paha bagian dalam, dan bokong.

4. Kutu kemaluan

Tahukah Anda, kalau ada kutu yang berkembangbiak di daerah kemaluan? Jika ada merasakan gatal di selangkangan, bisa jadi Anda terkena kutu kemaluan.

Kutu kelamin alias Phthirus pubis adalah serangga parasit kecil yang hidup di rambut kasar manusia, salah satunya rambut kemaluan. Kutu kemaluan jika dilihat menggunakan kaca pembesar terlihat seperti kepiting, berukuran sekitar 1-2 milimeter, dan berwarna kekuningan, abu-abu, atau kecoklatan.

Jika Anda terkena kutu kelamin, maka Anda akan sering merasakan gatal di selangkangan yang parah. Rasa gatal ini umumnya memburuk di malam hari, karena pada lama hari kutu lebih aktif dan memakan darah manusia. Kutu kemaluan juga menyebabkan luka pada daerah genital disertai tanda abu-abu biru kecil yang dikenal sebagai macula cerulae.

Tak hanya di rambut kemaluan saja, kutu jenis ini juga bisa ditemukan di rambut dada, perut, ketiak, kaki, janggut, kumis, bulu mata, bahkan alias. Namun tidak seperti kutu biasa, kutu kelamin tidak tinggal di kulit rambut. Kutu ini menyebar melalui kontak fisik yang berdekatan, seringkali melalui kontak seksual.

Pakai Kutus Kutus yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya, minyak herbal alami yang banyak manfaatnya, klik disini untuk pemesanan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *