Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Rasakan Manfaat dengan Mandi yang Benar

Kutus Kutus – Mandi merupakan rutinitas harian untuk membersihkan dan merawat diri. Kegiatan ini tampaknya sepele karena semua orang melakukannya setiap hari. Namun, yakinkah Anda sudah mandi dengan cara yang benar? Anda sudah tahu cara mandi yang benar? Mari simak artikelnya berikut ini.

Cara mandi yang baik dan benar

1. Atur seberapa sering Anda perlu mandi

Ketika membersihkan diri, Anda tidak hanya sekadar menyiramkan air ke seluruh tubuh. Frekuensi mandi dalam sehari turut memengaruhi kebersihan diri Anda. Perlu diketahui bahwa terlalu sering mandi juga tidak menjamin tubuh Anda jadi lebih sehat. Ini karena mandi secara berlebihan, bahkan dengan cara yang benar sekalipun, justru bisa menghilangkan beberapa jenis bakteri yang hidup pada kulit secara alami.

2. Mandi dengan durasi yang pas

Bersih-bersih dengan cepat saat mandi sebenarnya sudah cukup ampuh untuk mengusir bau badan, keringat, dan minyak berlebih pada permukaan kulit. Selain itu, mandi terlalu lama dapat menghilangkan minyak alami yang melindungi lapisan kulit.

Hilangnya minyak alami bisa membuat tubuh lebih rentan virus, bakteri, serta masalah kulit lainnya seperti eksim (dermatitis atopik), gatal-gatal, dan kulit kering. Selain itu, membersihkan badan secara berlebihan dapat mengacaukan jumlah bakteri pada permukaan kulit.

Jadi, sebaiknya hindarilah mandi terlalu lama yakni lebih dari durasi 5-10 menit.

3. Gunakan suhu air yang ideal

Cara mandi yang benar turut ditentukan dari suhu air yang Anda gunakan. Berendam atau mengguyur badan dengan air panas maupun dingin sebenarnya sama-sama berkhasiat bagi kesehatan Anda. Namun, keduanya memberikan efek yang berbeda bagi tubuh.

Mandi air panas

Jika Anda suka mandi air panas, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan. Suhu air yang digunakan sebaiknya tidak lebih tinggi dari 44 derajat Celsius. Selain itu, ketika berada dalam suhu tersebut, mandi selama lima menit saja sebenarnya sudah cukup.

Mandi air dingin

Pada hari yang panas atau saat bangun pagi, mandi air dingin di pagi hari tampaknya jadi pilihan yang menyegarkan. Akan tetapi, jagalah suhu air agar tidak terlalu dingin. Jangan pula mandi dengan air es yang suhunya terlalu ekstrem bagi tubuh.

4. Pilih jenis sabun yang tepat

Jenis sabun yang Anda gunakan juga menentukan cara mandi yang benar. Ketahui dulu jenis kulit, preferensi, serta kebutuhan Anda. Apabila Anda memiliki kulit normal, Anda dapat memakai sabun biasa yang tersedia di pasaran. Namun, apabila Anda memiliki kulit yang kering dan sensitif, sebaiknya pilihlah sabun dengan kandungan ringan, disertai pelembap tambahan, dan tidak mengandung parfum berlebihan.

5. Hindari keramas terlalu sering

Keramas terlalu sering dalam seminggu termasuk cara mandi yang kurang benar, terlebih lagi jika Anda memiliki rambut yang cenderung kering. Terlalu sering mencuci rambut dapat menghilangkan minyak alami yang terdapat di rambut dan kulit kepala. Akibatnya, rambut justru jadi semakin kering. Namun, apabila Anda memang memiliki rambut yang lebih berminyak, Anda boleh keramas lebih sering. Satu yang pasti, sesuaikan frekuensi keramas dengan jenis rambut yang Anda miliki.

6. Mulai dari bagian tubuh atas

Saat mandi, cara yang benar adalah membasahi bagian tubuh atas terlebih dahulu, kemudian lanjut ke bagian bawah. Hal yang sama juga berlaku saat Anda mengaplikasikan sabun. Ada baiknya Anda mulai dari atas terlebih dulu. Apabila Anda keramas, basahi rambut dan keramas lebih dulu, kemudian baru gosokkan sabun di sekujur tubuh.

7. Keringkan tubuh dengan benar

Begitu Anda sudah selesai mandi, pastikan Anda mengeringkan tubuh dengan cara yang benar. Tepuk-tepuk seluruh bagian tubuh Anda dengan handuk. Utamakan memilih handuk dengan bahan yang lembut. Hindari menggosok-gosok handuk terlalu kasar ke kulit karena bisa mengakibatkan iritasi, kekeringan, atau gatal.

Pakai Kutus Kutus yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya, minyak herbal alami yang banyak manfaatnya, klik disini untuk pemesanan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us