Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Pertolongan Pertama pada Sakit Gigi

Kutus Kutus – Sakit gigi merupakan salah satu masalah pada gigi dan mulut yang sering terjadi dan paling menyiksa. Hingga ada istilah lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Sebab, sakit gigi tidak hanya membuat kita kesulitan untuk makan saja, namun juga dapat mempengaruhi emosional dan bahkan kesehatan Anda secara menyeluruh.  Orang yang mengalami sakit gigi lebih gampang terpancing emosinya. Nah, cara apa yg bisa dilakukan untuk mengatasi sakit gigi? Mari simak arikel berikut ini.

Cara Meredakan Sakit Gigi di Rumah

Pertolongan pertama mengobati sakit gigi sebelum pergi ke dokter. Berikut 3 cara mudah dan sederhana yang bisa Anda lakukan guna meredakan sakit gigi untuk sementara waktu:

1. Kompres Pakai Es Batu

Sakit gigi biasanya disertai dengan pipi bengkak. Untuk meredakan kondisi tersebut, Anda bisa mengompres pipi yang bengkak dengan es batu. Selain meredakan bengkak, kompres dingin juga membantu untuk mengurangi nyeri serta perdarahan ke dalam jaringan gusi.

Caranya bungkus beberapa keping es batu dalam sebuah handuk kecil. Lalu tempelkan handuk tersebut pada area pipi yang mengalami pembengkakan. Biarkan selama 15 menit-20 menit. Ulangi cara ini setidaknya tiga kali dalam sehari atau sampai bengkak di pipi Anda mereda.

2. Kumur dengan Air Garam

Air garam terbukti membantu meredakan peradangan serta rasa sakit di gusi dan gigi. Sebelum berkumur pakai air garam, sebaiknya Anda melakukan flossing gigi terlebih dahulu untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di gigi. Kemudian siapkan 1-2 sendok makan garam dapur, lalu larutkan ke dalam segelas air hangat. Gunakan larutan garam tersebut untuk berkumur selama 30 detik, setelah itu buang.

3. Obat Pereda Nyeri

Untuk meredakan nyeri sakit gigi anda juga bisa minum obat pereda nyeri. Ada banyak obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek tanpa resep dokter. Pastikan Anda membaca petunjuk pemakaian obat yang tertera pada label kemasan dengan teliti.

Cara Meredakan Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Anda juga bisa melakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah Anda untuk meredakan sakit gigi. Namun, penggunaan alami tidak semua dan selalu aman. Maka dari itu, perlu perhatikan penggunaannya. Selain itu, ingat pula bahwa bahan-bahan alami hanya sebagai pertolongan darurat, bukan sebagai obat penyembuh. Berikut 3 cara mengobati sakit gigi dengan bahan-bahan alami yang paling populer:

1. Kunyah Bawang Putih

Bahan dapur yg satu ini ternyata menjadi salah satu cara mengobati sakit gigi yang bisa Anda coba di rumah. Bawang putih bersifat sebagai antiseptik dan antibiotik alami yang dapat membantu melawan infeksi. Senyawa allicin yang terkandung dalam bawang putih juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri di gigi Anda. Anda cukup menyiapkan satu siung bawang putih yang sudah dikupas lalu potong menjadi dua bagian. Kemudian, letakkan potongan bawang putih mentah tadi di bagian gigi yang sakit. Anda juga bisa mengunyah langsung bawang putih tersebut selama beberapa menit.

2. Daun Jambu Biji

Penelitian menyebutkan bahwa daun jambu biji memiliki sifat anti radang yang dapat membantu menyembuhkan luka. Tidak hanya itu, daun jambu biji juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melindungi kesehatan gigi dan mulut Anda. Cara mengobati sakit gigi menggunakan daun jambu biji sangat mudah. Anda bisa mengunyah daun jambu biji segar secara langsung.

Pastikan Anda mencuci bersih daun jambu biji sebelum mengkonsumsinya. Jika tidak suka mengunyah daun jambu biji mentah, cobalah untuk menambahkan daun jambu biji yang sudah dihancurkan ke dalam air mendidih. Setelah menghangat, Anda bisa menggunakan larutan tersebut sebagai obat kumur.

3. Cengkih

Rempah yang biasa digunakan untuk masakan ini bisa juga digunakan untuk meredakan sakit gigi. Minyak cengkih terbukti secara efektif mampu meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan untuk sementara waktu. Pasalnya cengkih mengandung senyawa eugenol, yang berperan sebagai antiseptik alami. Anda bisa memanfaatkan cengkih sebagai obat kumur dengan banyak cara. Pertama, Anda bisa menggigit kapas yang sudah direndam atau diberi minyak cengkih ke bagian gigi yang sakit. Kedua, Anda juga bisa mencampurkan setetes minyak cengkih ke dalam segelas air hangat dan dapat digunakan sebagai obat kumur. Lakukan cara ini beberapa kali per hari.

Jika nyeri di gigi Anda tidak juga membaik, sebaiknya anda segera mencari pertolongan medis ke dokter. Hal ini dilakukan agar Anda mendapatkan pengobatan yang tepat.

Pakai Kutus Kutus yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya,
minyak herbal alami yang banyak manfaatnya, klik disini untuk pemesanan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *