Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Perlu Tahu! Bahan Alami Menghilangkan Sakit Akibat Tersengat Lebah

Kutus Kutus – Ketika kita bermain di taman atau sedang berkebun, tidak sengaja tersengat lebah. Sengatan lebah akan menimbulkan rasa sakit yang sangat menusuk. Jika dibiarkan tanpa pengobatan, bisa mengakibatkan pembengkakan, kemerahan, hingga gatal-gatal di area sekitar sengatan.

Jika sudah begitu parah, sengatan lebah bahkan bisa mengancam jiwa manusia. Racun yang ditinggalkan dari lebah jenis tertentu yang tidak dikeluarkan akan menyebabkan kematian. Reaksi tubuh bisa ditandai dengan timbulnya rasa gatal-gatal, kulit pucat, gatal yang semakin parah, pembengkakan lidah dan tenggorokan, sulit bernafas, mual dan muntah, diare, pusing, hingga kehilangan kesadaran. Untuk menghindari kematian akibat sengatan lebah yang lambat ditangani, seseorang yang tersengat harus menerima pertolongan pertama sesuai prosedur yang benar.

Adapun pertolongan pertama yang harus diberikan pada seseorang yang terkena serangan sengatan lebah yang dilansir dari WebMD yaitu dengan mencabut stingers lebah yang tertinggal dan kemudian mencuci bekas sengatan dengan sabun dan air. Setelah melakukan pertolongan pertama, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah untuk pengobatan tahap lanjutan.

Beberapa bahan yang bisa didapatkan di rumah dan dapat mengobati gejala sengatan lebah, yaitu.

  1. Madu

Madu merupakan bahan alami yang dapat membantu proses percepatan penyembuhan luka, rasa sakit, dan gatal-gatal. Penggunaan madu sebagai obat sengatan lebah terbilang mudah, hanya dengan mengoleskan sedikit madu ke daerah yang sakit lalu balut luka dengan ikatan yang longgar dan biarkan hingga satu jam.

  1. Soda Kue

Campuran soda kue dan air dapat digunakan untuk membantu menetralkan racun lebah yang menyebabkan rasa sakit, gatal, dan bengkak. Oleskan soda kue dengan takaran yang cukup untuk menutupi daerah yang terkena sengatan lebah. Setelah itu, tutup olesan soda kue dengan dengan perban. Biarkan selama setidaknya 15 menit hingga mengering. Anda bisa melakukannya sesuai kebutuhan hingga keadaan benar-benar membaik.

  1. Cuka Apel

Selain soda kue, cuka apel juga dapat digunakan untuk membantu menetralkan racun lebah. Rendam atau kompres bagian yang tersengat lebah dengan cuka sari apel selama setidaknya 15 menit untuk menetralkan rasa sakit dan mengeluarkan racun lebah.

  1. Pasta Gigi

Beberapa orang mengklaim bahwa pasta gigi digunakan untuk menetralkan racun lebah madu yang asam hanya dengan cara mengoleskannya pada bagian yang tersengat lebah.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan jenis tanaman yang dipercaya dapat menenangkan kulit dan menghilangkan rasa sakit. Jika Anda memiliki tanaman lidah buaya, gunakanlah sebagai obat alami sengatan lebah, caranya dengan meremas atau mengeluarkan gel dan mengoleskannya secara langsung ke bagian yang sakit.

  1. Minyak Esensial Lavender

Minyak lavender memiliki kemampuan sebagai anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan pembengkakan akibat gigitan serangga. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan minyak esensial lavender dengan minyak lain seperti kelapa atau minyak zaitun. Setelah itu, oleskan campuran minyak ke bagian tubuh yang terkena sengatan lebah.

  1. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh merupakan minyak yang mengandung antiseptik alami. Antiseptik yang ada di dalamnya dapat meredakan nyeri akibat sengatan lebah. Caranya cukup dengan mencampurkannya dengan minyak lain seperti zaitun atau minyak kelapa kemudian oleskan pada bagian yang terkena sengatan.

Setelah mengetahui beberapa bahan alami untuk mengatasi sengatan lebah, kamu tidak usah merasa panik lagi. Lakukan pertolongan pertama sebelum mendapatkan tindakan medis.

Pakai Kutus Kutus yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya,
minyak herbal alami yang banyak manfaatnya, klik disini untuk pemesanan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us