Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Penyebab “Mahkota Wanita” Sering Berminyak

Kutus Kutus – Rambut adalah mahkota wanita. Yaps, istilah makota wanita tersebut memang tepat karena mempunyai rambut yang indah, berkilau, dan tebal. Rambut yang indah dapat meningkatkan kepercayaan diri sang pemiliknya. Sayangnya, permasalahan rambut sering tidak bisa dihindari. Salah satu masalah adalah rambut berminyak yang sering terjadi. Nah, apa saja penyebab rambut berminyak? Simak informasinya berikut ini.

HORMON TUBUH

Penyebab kulit kepala berminyak paling sering dipicu oleh kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Ketika kedua hormon ini mengalami naik turun dalam waktu yang singkat, maka kulit kepala pun akan semakin mudah berminyak.

PRODUKSI BERLEBIH KELENJAR KERINGAT

Tidak hanya itu, pori-pori yang dimiliki oleh setiap orang mengandung kelenjar keringat yang berfungsi untuk memproduksi keringat. Tujuannya adalah untuk menjaga kelembapan pada kulit, termasuk di pori-pori kulit kepala. Bagi sebagian orang, produksi kelenjar keringat ini sering berlebih sehingga berujung pada rambut yang berminyak.

TUBUH KURANG VITAMIN B

Anda yang sering diet patut waspada terhadap permasalahan rambut. Ketika tubuh kekurangan vitamin B, maka produksi minyak di rambut pun akan bermasalah. Oleh karena itu, pastikan tubuh Anda mendapatkan asupan vitamin B yang cukup untuk rambut yang indah berkilau.

PERAWATAN RAMBUT YANG SALAH

Siapa sangka perawatan rambut yang tidak benar menjadi salah satu pemicu rambut berminyak. Sebagai contoh, penggunaan sampo, conditioner, serum, hingga minyak rambut yang tidak sesuai dengan jenis rambut justru memicu masalah ini.

Maka dari itu, pastikan Anda memakai produk perawatan rambut berbahan ringan untuk mengantisipasi munculnya masalah. Aktivitas menggaruk kulit kepala dengan berlebihan juga bisa menyebabkan kulit kepala iritasi sehingga berakhir dengan produksi minyak berlebih.

PERALATAN TATA RAMBUT YANG KOTOR

Selain produk rambut, peralatan tata rambut yang tidak bersih juga bisa menimbulkan masalah pada rambut Anda. Sebagai contoh, sisir atau alat catok yang tidak dibersihkan secara rutin akan membuat kotoran-kotoran menumpuk. Hasilnya, rambut pun akan makin cepat lepek dan mengalami masalah.

FAKTOR GENETIK

Mungkin saja jenis rambut berminyak yang kamu miliki merupakan turunan dari orang tua, karena bila rambut ayah atau ibumu berminyak, kamu berpotensi besar untuk memiliki rambut berminyak juga.

PENYAKIT TERTENTU

Kulit kepala dan rambut berminyak juga bisa menjadi pertanda adanya suatu masalah kesehatan tertentu, salah satunya dermatitis seboroik. Pengidap penyakit ini juga akan mengalami gejala lainnya yaitu rambut berketombe, bercak kemerahan di kulit disertai dengan rasa gatal yang membuat kulit mengelupas.

KEBIASAAN

Kebiasaan membelai rambut dengan tangan juga bisa menyebabkan rambut berminyak, lho. Pasalnya, tangan adalah bagian tubuh yang mudah kotor karena sering digunakan untuk menyentuh apa saja. Bila kamu baru saja memegang makanan atau sesuatu yang berminyak, lalu langsung membelai rambut, tidak heran rambut jadi kotor dan berminyak. Jadi, biasakan untuk tidak sering-sering menyentuh rambut dengan tangan. Atau kamu bisa membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh rambut.

CARA MERAWAT RAMBUT YANG SALAH

Bila rambutmu berminyak, coba pikirkan lagi bagaimana selama ini kamu merawat rambut. Karena cara merawat rambut yang salah malah bisa meningkatkan produksi minyak pada kulit kepalamu. Misalnya, menggosok kulit kepala dengan kencang saat keramas. Hal ini akan membuat kulit kepalamu jadi iritasi sehingga memicu memproduksi minyak lebih banyak. Mencuci rambut terlalu sering, sampai dua kali dalam sehari juga dapat membuat rambut berminyak semakin parah.

Pakai Kutus Kutus yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya,
minyak herbal alami yang banyak manfaatnya, klik disini untuk pemesanan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *