Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Miliki Rambut Tak Berminyak Dengan Cara Yang Tepat Berikut Ini

Kutus Kutus – Rambut berminyak seolah-olah menjadi salah satu momok terbesar bagi sebagian wanita. Menurunkan kepercayaan diri ialah salah satu alasannya. Penyebab rambut berminyak pun beragam, mulai dari hormone hingga kesalahan merawat rambut.

Tapi kamu jangan khawatir, rambut yang berminyak dapat diatasi dengan cara yang tepat. Berikut cara yang tepat mengatasi rambut berminyak.

1. Pilih Shampoo dan Conditioner yang Sesuai.

Produksi minyak berlebih pada rambut dapat memberi beban tambahan bagi akar rambut. Hal ini bisa membuat rambut terlihat lepek dan kempes di bagian akar. Kamu bisa menggunakan sampoo dan conditioner yang dapat mengurangi lepek dan minyak berlebih.

2. Gunakan Conditioner dengan Benar, Hindari Rambut Lepek.

Shampoo adalah produk perawatan rambut untuk mencuci rambut, sedangkan conditioner berguna untuk melembapkan batang rambut dan mengembalikan minyak alami rambut yang terbilas shampoo. Minyak alami rambut ini sendiri diperlukan agar rambut lebih mudah diatur.

Karena itu, jangan gunakan conditioner sama persis seperti shampoo. Hindari memakai conditioner di kulit kepala, karena conditioner sulit dibilas jika sudah menempel di akar rambut. Batang rambut akan cenderung lebih lemas, kempes, dan tidak bisa tegak dengan sempurna.

Gunakan hanya pada ujung rambut, mulai dari bagian tengah hingga ke ujungnya. Pertimbangkan juga untuk menambahkan minyak zaitun ke dalam ritual perawatan rambutmu.

3. Keramas dengan Air Dingin.

Mandi air hangat memang menyenangkan, apalagi setelah lelah beraktivitas seharian. Tapi, tahu nggak sih kalau air hangat bisa merangsang kelenjar yang dapat menghasilkan sebum di kulit kepala? Sebaliknya, air dingin bisa membantu menghentikan produksi sebum yang berlebihan.

Karena itu, coba deh keramas pakai air dingin atau setidaknya dengan suhu yang sama dengan suhu badan, agar kutikula rambut dapat menutup dan mengontrol produksi minyak.

4. Segera Keringkan Rambut Setelah Keramas.

Jangan menunda-nunda apalagi tidur dalam keadaan rambut masih lembap! Rambut yang kering sempurna, bentuknya akan terlihat lebih maksimal.

Kami tidak menyarankan untuk selalu mengeringkan rambut dengan hairdryer, tapi, pastikan rambut sudah benar-benar kering sebelum kamu menata rambut, memakai hijab, apalagi tidur!

5. Sisir Rambut ke Arah Atas.

Saat rambut dalam kondisi basah, sisir rambut ke atas hingga akar rambutnya terangkat naik. Gunakan sisir bergigi jarang dan secara perlahan agar rambut tidak tersangkut ataupun patah.

Saat akar rambut sudah terangkat, bentuk rambut akan lebih bervolume dan tidak lepek saat kering serta akan lebih menuruti arah sisiran rambutmu.

6. Tidur dengan Rambut Diangkat ke Atas.

Ini merupakan trik ampuh untuk membuat rambut tipismu tampak bervolume alias mengembang alami dan bebas lepek. Kondiri rambut yang terangkat ke atas semalaman otomatis membuat akar rambut ikut ‘naik’ alias mengembang secara alami. Kamu pun akan terbangun dengan rambut bervolume dan rapi di pagi hari. Jika tak percaya, coba buktikan sendiri malam ini!

7. Tidak Sempat Keramas? Fokus Pada Poni.

Bagian poni rambut biasanya lebih mudah berminyak dibandingkan bagian rambut lainnya. Hal ini disebabkan minyak rambut lebih cepat terdistribusi karena poni cenderung pendek. Semakin panjang rambut, semakin lama dan sulit pula minyak rambut dapat terdistribusi secara merata.

Jika poni lepek jadi masalahmu, cuci bagian poni dengan shampoo lalu keringkan seperti biasa. Untuk hasil yang lebih maksimal, blow dry untuk menambahkan volume yang diinginkan.

8. Coba Trik Bedak Tabur.

Benar-benar tidak sempat mencuci poni? Gunakan bedak tabur bayi untuk menyiasati bagian rambut yang berminyak. Ingat, trik ini hanya untuk keadaan darurat dan tidak direkomendasikan untuk digunakan setiap waktu. Cara mengatasi rambut berminyak dengan bedak bayi adalah dengan menaburkannya di telapak tangan sambil dibaurkan secara merata.

Usapkan pada akar rambut yang berminyak sambil dipijat perlahan. Hindari menaburkan bedak langsung ke bagian kulit kepala karena bisa menumpuk bersama debu dan kotoran yang ada. Bersihkan sisa bedak yang tidak merata pada rambut menggunakan brush atau telapak tangan.

9. Racik Dry Shampoo Buatan Sendiri.

Selain oatmeal, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur untuk membuat produk DIY untuk rambut berminyak. Salah satunya adalah tepung jagung yang juga efektif dalam menyerap minyak. Bedanya, tepung jagung ini bisa kita gunakan untuk membuat dry shampoo sendiri.

Campurkan satu sendok tepung jagung dengan satu sendok alkohol serbaguna, lalu kocok dengan empat sendok makan air. Simpan dalam botol spray bersih agar bisa digunakan kapan saja kamu perlu. Ingat, hanya semprotkan di bagian rambut yang berminyak saja ya!

10. Buat Tonik Rambut dari Cuka Apel dan Lemon.

Cuka apel dan lemon dipercaya sejak lama memiliki khasiat untuk rambut. Cuka apel dapat membantu membersihkan kulit kepala dari minyak berlebih, sedangkan perasan lemon dapat mencegah datangnya ketombe.

Cara buatnya cukup mudah. Campurkan dua sendok makan cuka apel dan sedikit perasan lemon pada segelas air. Aduk dan tuangkan pada kepala setelah keramas sambil dipijat-pijat lembut. Jangan lupa untuk membilas rambut sampai bersih, lalu lanjutkan dengan memakai conditioner.

Pakai Kutus Kutus yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya,
minyak herbal alami yang banyak manfaatnya, klik disini untuk pemesanan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *