Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Manfaat Mengunyah Permen Karet yang Jarang Diketahui

Kutus Kutus – Tak hanya dapat membuat nafas menjadi lebih segar, permen karet juga memiliki banyak manfaat bagi Kesehatan tubuh. Namun, saat Anda mengunyah permen karet, Anda harus memperhatikan efek samping yang mungkin dapat mengintai Anda.

Konsumsi permen karet disebut memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, tapi tak berlaku untuk semua jenis permen karet, Permen karet yang baik untuk kesehatan adalah permen karet bebas gula. Permen karet dikatakan bebas gula, jika kadar gula di dalamnya kurang dari ½ gram.

Sementara itu, konsumsi permen karet yang mengandung gula atau zat aditif lain dalam jumlah berlebihan, seperti BHT (Butylated hydroxytoluene), aspartam, dan titanium dioksida, sebaiknya dibatasi karena bisa berdampak buruk terhadap kesehatan.

Beragam Manfaat Mengunyah Permen Karet

Permen karet adalah permen yang dirancang untuk dikunyah, bukan untuk ditelan. Mengunyah permen karet, terutama permen karet bebas gula, disebut bisa memberikan beragam manfaat bagi kesehatan, seperti:

1. Mengurangi stres

Suatu riset menunjukkan bahwa permen karet bisa membantu mengatasi stres. Dalam riset tersebut disebutkan bahwa orang yang mengunyah permen karet ketika sedang merasa cemas dan stres, misalnya ketika menghadapi ujian, akan menjadi lebih tenang dan bisa konsentrasi dengan lebih baik.

Pasalnya, aktivitas  mengunyah permen karet dapat membantu menurunkan hormon stres, seperti kortisol.

Meski demikian, jika stres yang Anda alami tak kunjung teratasi dengan mengunyah permen karet, cobalah cara lain untuk mengatasi stres, misalnya mengatur pernapasan, relaksasi, atau meditasi.

2. Membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut

Permen karet yang bebas gula juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Berbagai riset menunjukkan bahwa orang yang sering mengunyah permen karet bebas gula terlihat memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami gigi berlubang.

Saat mengunyah permen karet, produksi air liur akan meningkat, sehingga bisa membantu membersihkan gigi dan mulut dari bakteri dan sisa-sisa makanan.

Namun, perlu diingat. Meski bisa membantu mencegah gigi berlubang, permen karet tetap tak dapat menggantikan fungsi dari menyikat gigi, ya. Untuk menjaga kesehatan serta kebersihan gigi dan mulut, Anda juga harus rutin menyikat gigi 2 kali sehari dan menggunakan dental floss.

3. Membantu menurunkan berat badan

Permen karet juga bisa mengurangi rasa lapar dan meningkatkan nafsu makan lebih terkontrol, serta mengurangi kebiasaan ngemil atau makan secara berlebih. Ini menjadikan manfaat permen karet baik untuk membantu mengontrol atau menurunkan berat badan.

Meski demikian, untuk memperoleh berat badan ideal, Anda tak bisa hanya mengandalkan permen karet. Anda juga perlu melakukan cara lain, seperti menjaga pola makan tetap sehat, minum air putih yang cukup, dan berolahraga secara rutin.

4. Mencegah infeksi telinga pada anak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi permen karet dengan kandungan xylitol berisiko lebih rendah untuk terkena infeksi telinga. Ini diduga karena kebiasaan mengunyah permen karet bisa membantu membuat rahang anak lebih kuat, serta melapangkan tuba eustachius dan liang telinga anak.

Meski demikian, manfaat permen karet yang satu ini masih terus diteliti serta belum terbukti efektif dan aman sepenuhnya. Apabila anak Anda mengalami gejala infeksi telinga, seperti telinga berbau, keluar cairan dari telinga, demam, rewel, dan kurang mau makan dan minum, sebaiknya periksakan kondisinya ke dokter.

5. Mengencangkan otot wajah

Tak hanya memperkuat rahang, kebiasaan mengunyah permen diduga bisa membantu mengencangkan otot-otot wajah.

Namun, ini bukan berarti permen karet bisa membuat bentuk wajah Anda menjadi tirus seketika. Hal ini karena bentuk wajah umumnya dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti faktor genetik dan berat badan.

Selain beberapa manfaat di atas, permen karet juga disebut dapat membantu melancarkan proses pemulihan dan pencernaan pada pasien yang baru menjalani operasi pada saluran cerna, misalnya operasi usus buntu.

Pakai Kutus Kutus yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya, minyak herbal alami yang banyak manfaatnya, klik disini untuk pemesanan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us