Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian
Manfaat Jamu Beras Kencur Untuk Kesehatan

Manfaat Jamu Beras Kencur Untuk Kesehatan

Kutus Kutus – Jamu adalah minuman tradisional khas Indonesia yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan mencegah beberapa penyakit.

Sesuai namanya, jamu beras kencur adalah ramuan jamu yang diracik dengan menggunakan beras dan kencur, beserta tambahan bahan lain, seperti jahe, kunyit, asam jawa dan gula jawa.

Rempah-rempah dalam jamu beras kencur itu yang kemudian memberikan manfaat pada minuman tradisional ini.

Beras, kencur, jahe, dan kunyit diketahui mengandung vitamin, mineral, antioksidan, serta antiperadangan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat jamu beras kencur:

1. Melawan radikal bebas

Kandungan kencur dalam jamu beras kencur kaya akan senyawa antioksidan. Salah satunya adalah senyawa fenolik, yaitu senyawa tanaman yang bermanfaat untuk membantu melawan penyakit, melindungi sel dalam tubuh dari radikal bebas, serta mengurangi stres oksidatif.

Itu sebabnya, minum jamu beras kencur diketahui dapat membantu tubuh melawan radikal bebas.

Selain itu, antioksidan juga diketahui dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Jadi, tubuh akan lebih sehat dan kuat menghadapi serangan penyakit.

2. Menjaga keseimbangan kadar gula darah

Selain melawan radikal bebas dan meningkatkan sistem imun, beras kencur juga punya manfaat dalam menjaga kadar gula darah. Senyawa polifenol yang berada dalam jamu beras kencur diketahui berfungsi untuk membantu menurunkan kadar gula darah.

Ada pula kandungan flavonoid pada kencur yang merupakan agen imunomodulator yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh, sekaligus membantu memperbaiki kerusakan sel pankreas. Pankreas diketahui sebagai organ penghasil hormon insulin, hormon yang mengatur kadar gula darah.

Tak berhenti sampai di situ, jahe yang juga jadi salah satu rempah tambahan dalam jamu beras kencur juga punya kandungan yang memperkuat manfaat tersebut.

Mengutip Cleveland Clinic, senyawa gingerol dalam jahe dapat berperan menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Hal ini membuat jamu beras kencur bermanfaat dalam penurunan kadar glukosa darah. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat yang satu ini.

Baca juga : Kegunaan Buah Mentega Untuk Kesehatan Tubuh

3. Mencegah jenis kanker tertentu

Rempah kencur dan kunyit yang ada dalam jamu beras kencur diketahui bermanfaat dalam membantu melindungi tubuh dari dari jenis kanker tertentu.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, beras kencur terbuat dari berbagai rempah yang kaya akan antioksidan.

Antioksidan diketahui dapat menangkal radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker.

Selain itu, sebuah studi juga menjelaskan senyawa aktif dalam kencur, yaitu galangin, dapat membunuh sel kanker serta mencegah penyebarannya. Khususnya untuk sel kanker kolorektal, alias kanker usus besar dan rektum.

Namun, penelitian ini masih sebatas dilakukan di laboratorium. Masih perlu penelitian pada manusia dalam skala yang lebih besar.

4. Melawan peradangan dan rasa sakit

Manfaat jamu beras kencur lainnya adalah mampu melawan peradangan dan meringankan rasa sakit berkat kandungan HMP dalam kencur.

HMP adalah senyawa fitokimia alami yang memiliki sifat anti-inflamasi (antiperadangan) yang kuat.

Ada studi lainnya yang menjelaskan manfaat kencur dalam meredakan rasa sakit. Ini dilakukan selama 6 minggu pada 261 orang yang mengalami osteoarthritis lutut.

Hasilnya, 63% penderita yang mengonsumsi ekstrak jahe dan kencur setiap hari, merasakan penurunan rasa nyeri lutut saat berdiri.

Namun, tentunya masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai efek pengurangan rasa sakit sebagai manfaat dari jamu beras kencur.

5. Menambah nafsu makan

Mungkin banyak dari Anda yang tak asing bahwa jamu beras kencur termasuk ke dalam jamu penggemuk.

Ya, salah satu manfaat jamu beras kencur yang sudah diakui sejak dulu adalah mampu menambah nafsu makan pada anak ataupun orang dewasa.

Kemungkinan, manfaat beras kencur yang satu ini adalah karena adanya kandungan minyak atsiri yang bersifat karminatif, yaitu untuk mengurangi gas dan rasa tidak nyaman perut.

Jangan lupa gunakan minyak herbal Kutus Kutus setiap hari, pesan segera disini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *