Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Manfaat Jahe Sebagai Obat Batuk Alami

Kutus Kutus – Khasiat jahe untuk batuk tidak perlu diragukan lagi, karena beberapa ada kandungan tertentu dalam jahe yang efektif meredakan keluhan ini. Bagaimana cara mendapatkan Khasiat jahe untuk meredakan batuk? Simak artikel berikut.

Jahe (Zingiber officinale), ialah salah satu tumbuhan yang rimpangnya sering digunakan sebagai rempah-rempah dan juga bahan baku pengobatan tradisional. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas yang dirasakan dari jahe disebabkan oleh senyawa keton bernama zingeron.

Jahe termasuk dalam famili Zingiberaceae (temu-temuan). 

Memang ada banyak sekali bahan alami yang bisa dijadikan sebagai obat batuk, tapi jahe menjadi salah satu primadonanya. Selain dibanderol dengan harga yang murah dan mudah di dapat, penelitian telah menunjukkan bahwa bumbu dapur satu ini juga efektif dalam meredakan batuk.

Manfaat Jahe untuk Batuk

Manfaat jahe untuk batuk bisa diperoleh dikarenakan jahe mengandung zat antiinflamsi dan antitusif yang sangat efektif dalam meredakan batuk. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan gingerol dalam jahe mampu membuat saluran napas menjadi lebih lega sehingga mampu mengurangi gejala asma dan juga batuk.

Bagi anda yang memiliki keluhan batuk disertai dengan keluhan sakit tenggorokan, jahe juga bisa anda jadikan sebagai obat untuk meredakannya. Ini karena kandungan zat antiinflamasi dalam jahe mampu meredakan peradangan, sehingga keluhan sakit tenggorokan dapat turut teredakan.

Demi mendapatkan manfaat jahe untuk batuk maupun keluhan lain yang menyertainya, Anda dapat memakannya secara mentah-mentah. Akan tetapi, jika Anda merasa terganggu dengan rasanya yang pedas, ada cara lain yang bisa Anda lakukan, yaitu menyeduhnya dengan air panas.

Caranya juga mudah. Cukup masukkan 3 gelas air ke dalam panci dan rebus hingga mendidih. Setelah itu, masukkan 1 potong jahe yang telah dikupas dan diiris-iris halus ke dalam rebusan air tersebut. Biarkan hingga 10 menit, lalu tiriskan.

Anda dapat mengonsumsi air rebusan jahe ini secara langsung atau menambahkannya dengan madu dan irisan jeruk lemon untuk rasa yang lebih segar.

Bagi anda yang menyukai teh, Anda dapat menambahkan irisan jahe ke dalam teh yang biasa dikonsumsi dan rasakan manfaatnya.

Manfaat Lain Jahe untuk Kesehatan

Selain dapat membantu meredakan batuk, jahe juga membawa ragam manfaat lain untuk kesehatan, seperti:

1. Meredakan sakit perut

Senyawa kimia yang terkandung dalam jahe juga sangat dapat membantu meredakan keluhan sakit perut.

2. Meredakan morning sickness

Konsumsi jahe pada wanita hamil diyakini mampu meredakan gejala morning sickness di pagi hari. Namun, penggunaannya haruslah hati-hati dan baiknya bicarakan terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsinya.

3. Membantu mengatasi osteoarthritis

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa jahe efektif dalam mengurangi gejala osteoarthritis, yaitu nyeri atau kekakuan sendi yang disebabkan oleh cedera atau penuaan sendi.

4. Menurunkan kadar gula darah

Jahe sangat diyakini berpotensi untuk dijadikan sebagai obat diabetes. Salah satu studi yang dilakukan pada penderita diabetes menunjukkan bahwa konsumsi 2 gram bubuk jahe setiap harinya dapat membantu menurunkan kadar gula darah sebesar 12 persen.

Manfaat jahe untuk batuk dan keluhan kesehatan lainnya memang ada. Namun, bukan berarti Anda bisa dengan mudah menjadikan jahe sebagai satu-satunya pengobatan. Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi ke dokter jika sewaktu waktu mengalami keluhan kesehatan tertentu, terlebih yang terjadi secara berlarut-larut.

Pakai Kutus Kutus yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya, minyak herbal alami yang banyak manfaatnya, klik disini untuk pemesanan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us