Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan

Kutus Kutus – Bawang putih termasuk salah satu bumbu yang digunakan untuk masakan.  Namun, bawang putih juga memiliki khasiat kesehatan yang bermanfaat bagi manusia. Beragam khasiatnya untuk kesehatan. Mulai dari menjaga kestabilan tekanan darah, menjaga daya tahan tubuh, menurunkan kolesterol, hingga mencegah kanker.

Bahkan bawang putih juga memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan. Kandungan senyawa allicin, mineral, dan antioksidan yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit dan rambut.

Meskipun bawang putih memiliki banyak manfaat, namun jika digunakan untuk perawatan kecantikan juga mengandung risiko. Anda perlu mengetahui efek sampingnya dan cara yang tepat untuk menghindari risiko tersebut. Untuk itu, anda bisa simak penjelasan artikel berikut ini.

Mengatasi Jerawat

Mengatasi jerawat, bawang putih mempunya manfaat untuk mengatasi jerawat. Dikutip dari StyleCraze, sifat antimikroba dan antibakteri yang terkandung di bawang putih ampuh untuk mengatasi jerawat. Jika anda ingin memanfaatkannya, anda cukup iris bawang putih, kemudian oleskan pada bagian yang berjerawat. Pastikan alat yang digunakan untuk memotong benar-benar higienis agar tidak terjadi transfer bakteri dan malah akan menyebabkan jerawat.

Mengatasi Komedo

Komedo menjadi masalah kecantikan lain yang sering terjadi.  Anda juga bisa memanfaatkan bawang putih untuk mengatasi komedo. Mungkin manfaat ini jarang diketahui oleh orang banyak banyak.

Anda cukup haluskan beberapa siung bawang putih. Oleskan bawang putih lumat tadi pada bagian wajah yang berkomedo. Gosok-gosok dengan lembut dan perlahan agar cairan bawang putih bisa bekerja melembutkan dan mengangkat komedo di pori-pori. Jangan terlalu lama agar kulit tidak pedih. Setelah itu bilas wajah dengan air dingin hingga bersih.

Menjadikan Lebih Awet Muda

Pada tahu tidak kalau bawang putih juga ampuh untuk mengatasi gejala penuaan dan menjadikan anda lebih awet muda? Bawang putih bisa dimanfaatkan menyamarkan garis-garis halus dan kerutan yang muncul pada wajah.

Jika anda ingin perawatan antiaging secara alami, anda bisa menghaluskan beberapa siung bawang putih lalu campurkan dengan sedikit air. Oleskan pada wajah seminggu sekali untuk mendapatkan kulit yang awet muda.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Siapa yang ingin menurunkan berat badan? Si bawang putih bisa menjadi salah satu solusi untuk anda. Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, bawang putih juga berkhasiat untuk membantu penurunan berat badan. Dikutip dari Boldsky, kandungan alicin yang terdapat pada bawang putih dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran sel-sel lemak pada tubuh bisa lebih cepat. Sementara antioksidan di dalamnya akan membantu menghancurkan timbunan lemak di dalam tubuh. Anda bisa mengkombinasikannya dengan madu murni untuk mendapatkan manfaat bawang putih yang maksimal. Dengan resep ini, berat badan anda bisa turun sampai tiga kilogram dalam satu bulan.

Efek Samping Penggunaan Bawang Putih untuk Perawatan Kecantikan

Bawang putih termasuk bahan alami yang cukup aman untuk kulit Meskipun demikian, terdapat beberapa efek samping dalam penggunannya. Diantara efek samping seperti berikut.

  • Iritasi
  • Ruam
  • Lecet
  • Reaksi Alergi
  • Zosteriform Dermatitis
  • Urtikaria Kontak (Pembengkakan dan Kemerahan pada Kulit

Jika kulit anda termasuk jenis kulit yang sensitif, sebaiknya anda hindari penggunaan bawang putih untuk perawatan kulit. Gunakan bahan alami yang lebih ramah untuk kulit Anda.

Cara Menghindari Efek Samping Bawang Putih

Ada beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk menghindari efek samping penggunaan bawang putih untuk perawatan kecantikan. Perhatikan tipsnya berikut ini.

  • Gunakan bawang putih di area kulit yang membutuhkan saja, misalnya kutil, bekas luka, atau jerawat. Jangan menggosok bawang putih pada seluruh bagian kulit.
  • Jika Anda ingin menggunakan bawang putih sebagai masker, sebaiknya encerkan dengan air terlebih dahulu.
  • Anda juga bisa menggunakan bawang putih yang dicampur madu, yogurt, atau bahan alami lain yang bersifat mendinginkan kulit.
  • Jangan gunakan bawang putih bersama bahan alami lain yang berpotensi menyebabkan iritasi, misalnya lemon, jeruk nipis, dan cuka apel.
  • Jangan menggunakan masker dengan campuran bawang putih pada wajah lebih dari 5 menit.
  • Jika kulit langsung terasa pedih setelah dioles atau digosok bawang putih, segera bersihkan dengan sabun dan air mengalir

Pakai Kutus Kutus yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya, minyak herbal alami yang banyak manfaatnya, klik disini untuk pemesanan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us