Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Jangan Panik! Berikut Pertolongan Pertama Ketika Digigit Kelabang

Kutus Kutus – Kelabang atau bisa juga disebut lipan merupakan hewan yang mampu menyengat dan mengeluarkan racun dari mulutnya untuk melumpuhkan mangsanya sebagai cara mempertahankan dirinya.

Digigit kelabang akan terasa menyakitkan. Semakin besar ukuran kelabang, semakin sakit juga gigitannya. Bekas gigitannya berupa dua lubang kecil yang menjadi jalan masuk racun ke dalam tubuh manusia. Rasa nyeri akibat gigitan kelabang bervariasi, sesuai dengan jumlah racun yang masuk ke dalam tubuh kita. Biasanya, kelabang berukuran kecil hanya akan mengeluarkan sedikit racun, sehingga menyebabkan rasa sakit seperti disengat lebah. Namun, kelabang berukuran “jumbo” bisa memproduksi racun dalam jumlah besar, sehingga rasa sakit yang dirasakan akibat gigitan kelabang mungkin akan lebih sakit. Selain rasa sakit, pembengkakan dan kemerahan kulit juga akan muncul seusai digigit kelabang. Adapun gejala lain akibat gigitan kelabang yaitu:

  • Demam
  • Mual
  • Pembengkakan di area gigitan
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Gatal-gatal
  • Jantung berdebar

Walau jarang terjadi, digigit kelabang juga bisa menimbulkan reaksi anafilaksis yang bisa mengancam nyawa. Ditambah lagi, pernah ada kasus kematian setelah digigit kelabang. Selain itu, ada juga kasus digigit kelabang yang menimbulkan gejala lebih parah, berupa kurangnya oksigen ke otot jantung, serangan jantung, darah dalam urine, hemoglobin dalam urine, perdarahan hebat, hingga infeksi kulit. Meski jarang terjadi, gejala digigit kelabang ini tetap harus diwaspadai. Jangan pernah remehkan gigitan serangga yang satu ini, walau lukanya berukuran mungil.

Pertolongan pertama digigit kelabang

Digigit kelabang akan menimbulkan luka gigitan yang hampir mirip seperti gigitan serangga berbahaya lainnya. Masalahnya, digigit kelabang bisa terjadi di berbagai kesempatan tanpa Anda sadari. Sebagai contoh, saat Anda sedang tidur atau sedang mandi. Itu sebabnya, mengetahui jenis serangga apa yang menggigit Anda sangatlah penting. Sejatinya, berkonsultasi dengan dokter adalah opsi yang paling bijak saat digigit kelabang. Namun, beberapa pertolongan pertama ini bisa Anda lakukan, untuk mengurangi risiko terjadinya komplikasi yang lebih parah.Berikut cara mengobati gigitan kelabang melalui perawatan rumahan:

  • Letakkan kompres hangat ke area yang terdampak atau rendam bagian kulit yang digigit kelabang dengan air hangat. Langkah ini diharapkan bisa “mematikan” racun kelabang yang masuk ke dalam tubuh.
  • Letakkan kompres dingin untuk mengatasi pembengkakan akibat digigit kelabang.
  • Konsumsi obat-obatan untuk mengatasi nyeri, reaksi alergi, hingga peradangan.

Gigitan kelabang harus diperlakukan layaknya luka biasa. Maka dari itu, Anda juga bisa mengoleskan salep antibiotik dan wajib menjaganya dari kotoran.Jika gejalanya tidak mereda, datanglah ke dokter untuk memeriksakan diri. Sebab, dokter bisa meresepkan obat kortikosteroid untuk menyembuhkan gigitan kelabang. Anda harus berhati-hati, jangan pernah meremehkan gigitan kelabang. Sebab, ada kemungkinan munculnya efek samping yang sangat berbahaya.

Komplikasi Akibat Digigit Kelabang

Kerusakan pada kulit dan jaringan tubuh, yang disebabkan oleh gigitan kelabang tersebut akan menyebabkan kompilasi akibat infeksi. Itulah sebabnya dokter akan memberikan suntik tetanus atau antibiotik, jika ada infeksi yang disebabkan oleh gigitan kelabang. Segera datang ke dokter jika gejala digigit kelabang semakin parah, dan tidak sembuh dalam waktu 48 jam. Apalagi jika gejala digigit kelabang sampai menyebabkan demam. Selain itu, jika ada pembengkakan di bagian mulut, lidah, bibir, hingga tenggorokan setelah digigit kelabang, mintalah seseorang untuk mengantar Anda ke rumah sakit secepatnya.

Pakai Kutus Kutus yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya,
minyak herbal alami yang banyak manfaatnya, klik disini untuk pemesanan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us