Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Beragam Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Kutus Kutus – Manfaat teh hijau untuk wajah ternyata cukup banyak. Teh hijau atau greentea dikenal sebagai salah satu bahan alami yang memiliki sederet khasiat. Sejumlah studi juga membuktikan bahwa teh hijau potensial digunakan sebagai cara alami menghilangkan jerawat. Terutama untuk jenis jerawat ringan.

Selain untuk wajah, minuman yang kaya akan antioksidan ini juga disebut dapat meningkatkan fungsi otak, membakar lemak, hingga mencegah berbagai penyakit kronis. Hal ini dikarenakan teh hijau memiliki kandungan antioksidan lima kali lebih besar daripada yang terkandung dalam sayuran hijau.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, teh hijau juga bermanfaat untuk kecantikan. Tak heran jika saat ini banyak produk kecantikan yang menggunakan teh hijau sebagai komposisi utama pembuatannya. Nah, apa saja sih manfaat teh hijau untuk wajah? Berikut informasinya, yuk simak.

Bantu Atasi Jerawat

Seperti yang sudah disebutkan jika teh hijau memiliki manfaat yang dipercaya mampu membantu menangani masalah jerawat di wajah. Jerawat sendiri biasanya disebabkan karena pori-pori yang tersumbat, ketidakseimbangan hormon, produksi sebum yang berlebihan, infeksi bakteri, dan peradangan di sekitar folikel kelenjar sebaceous.

Dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi, jika rutin mengaplikasikan masker teh hijau maka disebut efektif membantu mengurangi produksi sebum dan peradangan pada folikel. Mengonsumsi teh hijau tanpa kafein juga menunjukkan hasil yang menjanjikan dengan penurunan jumlah lesi jerawat.

Mencegah dan Memperbaiki Kerusakan Kulit

Kandungan epigallocatechin gallate pada teh hijau dapat berfungsi sebagai tabir surya alami yang melindungi kulit dari efek sinar UV dan melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Mengaplikasikan masker atau pelembap yang mengandung teh hijau dapat membantu mencegah radikal oksigen bebas berbahaya yang dihasilkan dari paparan UV. Teh hijau juga dapat membantu mengurangi pigmentasi kulit, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan hal ini.

Mencegah Penuaan Dini

Vitamin C yang terkandung di dalam teh hijau juga dipercaya bisa membantu meningkatkan produksi kolagen di kulit. Zat ini merupakan protein yang berperan penting dalam menjaga kelenturan kulit. Antioksidan di dalamnya juga membantu mencegah penuaan dini.

Mengatasi Mata Panda dan Kantung Mata

Teh hijau rupanya juga dipercaya dapat membantu mengurangi dan memudarkan mata panda. Caranya dengan menggunakan kantoh teh hijau dingin sebagai kompres mata.

Melembabkan Kulit

Teh hijau mengandung beberapa vitamin, di antaranya vitamin E yang dikenal dengan mampu menutrisi dan melembapkan kulit. Dengan mengaplikasikan masker teh hijau pada wajah, maka sangat berguna dalam menutrisi kulit.

Mengurangi Minyak Wajah

Masker dari teh hijau dapat mengurangi produksi minyak pada wajah. Selain lebih aman digunakan karena berasal dari sumber alami, menggunakan masker teh hijau ini juga minim efek samping.

Efektifnya masker teh hijau bagi kesehatan wajah ini tidak lain karena kandungan tanin yang ada di dalam teh hijau. Tanin tersebut berfungsi sebagai zat yang dapat mengecilkan pori pada kulit wajah dan mengurangi sebum

Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati dan Kotoran

Selain mencegah penuaan dini, kandungan vitamin C pada teh hijau juga dapat mencerahkan wajah. Anda bisa memanfaatkan teh hijau sebagai toner. Sebagai toner, maka teh hijau akan bekerja untuk menarik kotoran, sisa make up, dan bakteri yang tertinggal di kulit wajah. Tidak hanya itu, sebagai toner teh hijau juga mampu memperkecil pori-pori dan menghidrasi kulit wajah.

Mengurangi Iritasi

Teh hijau juga memiliki sifat anti-inflamasi. Ini karena kandungan polifenol yang tinggi pada teh. Sifat anti-inflamasi teh hijau dapat membantu mengurangi iritasi kulit, kemerahan pada kulit, dan pembengkakan.

Cara Menggunakan Teh Hijau Untuk Perawatan

Minum Teh Hijau

Yang pertama, Anda bisa memanfaatkan teh hijau dengan mengonsumsinya langsung. Minum teh hijau secara rutin merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan manfaatnya. Selain mencegah jerawat, minum teh hijau juga bisa membantu menjagak kesehatan secara keseluruhan.

Untuk hasil maksimal, pastikan untuk tidak memasukkan bahan tambahan seperti gula. Teh hijau kemasan seperti teh hijau dalam botol atau kaleng juga sering mengandung aditif dan gula. Ini bisa menghilangkan beberapa manfaat potensial.

Gunakan Sebagai Kompres

Selain diminum, Anda juga bisa memanfaat teh hijau sebagai kompres. Caranya adalah:

Ambil kantong teh hijau bekas, peras untuk menghilangkan airnya.
Simpan kantong teh hijau di kulkas selama 10 atau 20 menit.
Tempelkan kantong teh hijau pada area berjerawat selama kurang lebih 30 menit.

Masker Teh Hijau

Anda juga bisa menggunakan teh hijau sebagai bahan dasar masker. Teh hijau bisa dikombinasikan dengan beberapa bahan alami lain untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal. Contohnya madu, lidah buaya, minyak zaitun atau lemon.

Pakai Kutus Kutus yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya,
minyak herbal alami yang banyak manfaatnya, klik disini untuk pemesanan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us