Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Beberapa Manfaat Susu Sapi Bagi Kesehatan Tubuh

Kutus Kutus – Sejak masih kecil, Anda mungkin sudah terbiasa dianjurkan minum susu sapi karena kandungan gizinya yang tinggi. Hal tersebut memang benar adanya. Di dalam segelas susu sapi, terdapat berbagai kebaikan yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda.

Susu sapi yang tersedia di pasaran terdiri dari beragam jenis, mulai dari rasa hingga proses pembuatannya.

Berikut adalah kandungan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral yang terdapat di dalam 100 mililiter (ml) susu sapi:

  • Air: 88,3 gram (g)
  • Energi: 61 Kalori (Kal)
  • Protein: 3,2 g
  • Lemak: 3,5 g
  • Karbohidrat: 4,3 g
  • Kalsium: 143 miligram (mg)
  • Fosfor: 60 mg
  • Zat besi: 1,7 mg
  • Natrium: 36 mg
  • Kalium: 149 mg
  • Zinc (seng): 0,3 mg
  • Retinol (vitamin A): 39 mikrogram (mcg)
  • Beta-karoten: 12 mcg
  • Thiamin (vitamin B1): 0,03 mg
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,18 mg
  • Vitamin C: 1 mg

Namun, kandungan yang tercantum di atas bisa jadi berbeda-beda tergantung pada jenis susu sapi yang Anda minum.

Hal tersebut dikarenakan proses pengolahan dapat mengubah jumlah kandungan yang terdapat pada susu sapi tersebut.

Manfaat kesehatan dari susu sapi

Berikut adalah 15 manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi susu sapi:

1. Meningkatkan kekuatan tulang

Sudah menjadi rahasia umum bahwa susu sapi sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang Anda.

Kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi yang ada di dalam susu berperan besar dalam meningkatkan kepadatan tulang Anda.

Akan tetapi, menurut situs Cleveland Clinic, konsumsi susu yang berlebihan justru meningkatkan risiko tulang retak.

2. Menjaga kesehatan jantung

Dengan minum susu sapi, Anda juga bisa mendapatkan manfaat berupa jantung yang lebih sehat.

Susu sapi mengandung asam lemak omega-3 yang berguna untuk menjaga fungsi jantung.

Namun, pastikan Anda tidak minum susu secara berlebihan, terutama jika Anda sudah memiliki penyakit jantung.

Pasalnya, asupan lemak yang berlebihan dari susu sapi juga dapat meningkatkan kolesterol sehingga justru berisiko memicu penyakit jantung.

3. Meningkatkan massa otot

Konsumsi susu sapi juga berdampak baik pada massa otot Anda. Hal ini berkat kandungan protein yang ada di dalamnya.

Sebuah studi dari jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise meneliti efek susu sapi rendah lemak pada wanita yang rutin berolahraga.

Hasilnya, susu sapi membantu meningkatkan massa otot tubuh. Bahkan, sebagian wanita juga mengalami efek pengurangan lemak.

4. Menurunkan risiko kanker

Asam lemak omega-3 pada susu sapi murni juga memberikan manfaat yakni menurunkan risiko terkena kanker.

Tak hanya itu, susu sapi juga kaya akan antioksidan seperti beta-karoten yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas serta memperkecil peluang terkena kanker.

Menurut sebuah artikel dari Food and Nutrition Research, minum susu sapi diyakini dapat melindungi Anda dari risiko kanker kolorektal, kanker prostat, serta

5. Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan yang ada di dalam susu sapi dapat memberikan Anda manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Susu sapi tinggi kandungan protein sehingga baik untuk menjaga sistem imun tubuh manusia.

Ditambah lagi, kandungan vitamin A, asam lemak omega-3, serta beragam jenis antioksidan di dalam susu sapi juga turut serta membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan melawan infeksi.

6. Menurunkan kadar gula dalam darah

Ada yang meyakini bahwa konsumsi susu tidak dianjurkan untuk pengidap diabetes.

Nyatanya, sebuah penelitian dari Journal of Dairy Science membuktikan bahwa konsumsi susu sapi di pagi hari sewaktu sarapan bisa memberi manfaat positif pada kadar gula darah.

Dari penelitian tersebut didapat hasil bahwa susu yang diminum di pagi hari membuat pencernaan karbohidrat dalam tubuh melambat sehingga kadar gula darah dapat terjaga.

7. Menjaga tekanan darah

Sumber: Cleveland Clinic

Bagi Anda yang punya tekanan darah tinggi, susu sapi juga memberikan khasiat lain berupa penurunan tekanan darah.

Kandungan kalium yang ada di dalam susu sapi bermanfaat untuk menjaga tekanan darah supaya tetap berada di angka normal.

8. Meningkatkan energi dan kebugaran tubuh

Sering merasa lemas dan tidak bertenaga? Solusi yang bisa Anda coba adalah dengan rutin minum segelas susu sapi.

Berkat kandungan magnesium yang ada di susu sapi, Anda bisa mendapatkan manfaat berupa tambahan energi serta fungsi saraf dan otot yang terjaga.

Pakai Kutus Kutus yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya, minyak herbal alami yang banyak manfaatnya, klik disini untuk pemesanan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *