Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Beberapa Jenis Jus Buah dan Sayuran bagi Penderita Darah Rendah

Kutus Kutus – Darah rendah pada umumnya dapat diatasi dengan pola makan sehat, dan salah satunya adalah mengonsumsi jus untuk darah rendah. Anda bisa membuat jus dari aneka buah segar untuk mengatasi tekanan darah rendah dan menjaganya agar tetap normal.
Darah rendah terkadang tak menunjukan gejala yang khas. Namun, pada sebagian orang seperti lansia dan penderita penyakit tertentu, tekanan darah rendah atau hipotensi dapat menimbulkan gejala yang bisa menyebabkan aliran darah ke jantung, otak, dan ginjal menjadi tidak memadai atau berkurang.
Selain faktor usia dan keturunan, hipotensi juga bisa terjadi karena anemia akibat kekurangan nutrisi, seperti vitamin B12 dan asam folat. Nah, salah satu cara untuk memenuhi nutrisi tersebut adalah mengonsumsi jus dari berbagai macam jenis buah.
Berbagai Pilihan Jus untuk Darah Rendah
Berikut ini adalah beberapa buah yang dapat Anda olah menjadi jus segar untuk meningkatkan tekanan darah:

  1. Jus pisang
    Pisang juga mengandung kalium dan asam folat yang diercaya dapat meningkatkan tekanan darah dan menjaga kestabilan detak jantung. Selain itu, kandungan kalium dan vitamin B6 di dalam pisang juga baik untuk mengontrol tekanan darah
  2. Jus bit
    Selain buah pisang, buah bit juga dapat Anda olah menjadi jus untuk darah rendah. Kandungan nutrisi di dalamnya baik untuk menjaga fungsi jantung dan ginjal, sehingga tekanan darah tetap stabil. Walaupun rasanya yang dianggap aneh,tetapi buah ini justru sangat disarankan untuk menaikkan trombosit terutama bagi penderita darah rendah.
  3. Jus semangka
    Dehidrasi adalah salah satu penyebab terjadinya hipotensi. Dengan kandungan air sebanyak 92%, jus semangka dapat dijadikan alternatif selain air putih untuk memenuhi asupan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Semangka juga kaya akan antioksidan jenis likopen yang dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.
  4. Jus alpukat
    Alpukat kaya akan kalium dan folat. Mineral ini bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah terjadinya anemia. Kalium juga berfungsi untuk mengatur irama jantung agar tetap teratur.
    Selain itu, alpukat juga tinggi akan kandungan lemak sehat dan serat untuk memelihara kesehatan jantung.
  5. Jus pepaya
    Di dalam buah pepaya mengandung 53% folat yang bermanfaat untuk meningkatkan tekanan darah. Selain itu, pepaya juga mengandung antioksidan likopen yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker dan mengurangi risiko penyakit jantung.
  6. Jus jeruk
    Buah jeruk, termasuk jeruk bali dan lemon mengandung antioksidan jenis flavonoid. Antioksidan ini dipercaya dapat menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung serta mengatasi kondisi tekanan darah rendah. Selain itu, kandungan air dalam buah jeruk juga dapat mencegah dehidrasi yang dapat memicu terjadinya hipotensi.

Baca Juga: Penyakit Jantung : Pengertian, Gejala, Penyebab, serta Pencegahan

Selain buah-buahan di atas, Anda juga dapat mengonsumsi aneka jus dari sayuran segar yang mengandung mineral atau vitamin untuk hipotensi, misalnya jus seledri atau tomat. Anda juga dapat mengonsumsi makanan lain, seperti kacang-kacangan, daging merah, dan telur utuh.
Sambil memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mengonsumsi makanan sehat, Anda juga perlu menjalani pola hidup sehat, seperti olahraga secara rutin dan batasi konsumsi minuman beralkohol atau berkafein.
Kalau Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang buah apa saja yang dapat diolah menjadi jus untuk darah rendah atau asupan nutrisi lainnya, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter. Nantinya, dokter akan memberi tahu Anda jenis asupan yang tepat untuk mengatasi darah rendah yang Anda alami.

Anda bisa gunakan produk dari kutus kutus untuk mengatasi darah rendah, bisa pesan di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *