Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Bau Badan pada Wanita dapat Menurunkan Kepercayaan Diri

Kutus Kutus – Ketika kita sedang asyik kumpul dengan teman-teman atau sedang ada acara kantor, namun bau badan anda terasa sangat mengganggu momen tersebut. Memang benar, Bau badan menjadi permasalahan serius yang sering mengganggu banyak orang, khususnya para wanita. Pasalnya, bau badan bisa menurunkan kepercayaan diri. Meski secara ilmiah pria dipercaya lebih rentan mengalami masalah bau badan, bukan berarti wanita terlepas begitu saja dari masalah ini. Untuk itu, jika anda ingin mengetahui penyebab bau badan wanita dan cara mengatasinya, simak penjelasan artikel berikut ini.

Penyebab Bau Badan

Bau badan sering dialami oleh seluruh orang, baik itu pria maupun wanita. Penyebab yang melatarbelakanginya pun juga umumnya sama. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang secara khusus dapat menyebabkan bau badan wanita. Berikut ini adalah beberapa penyebab bau badan pada wanita:

1. Faktor Hormonal

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan masalah bau badan adalah hormon pada tubuh. Wanita lebih banyak mengalami proses perubahan hormon dan hormon pada tubuh wanita cenderung tidak stabil. Oleh sebab itu, bau badan juga sering dialami oleh wanita.

2. Masa Kehamilan

Wanita hamil juga lebih rentan mengeluhkan masalah bau badan. Hal ini karena saat hamil tubuh akan memproduksi hormon estradiol yang dapat menimbulkan bau menyengat pada tubuh. Selain itu, wanita hamil juga lebih mudah berkeringat karena adanya peningkatan suhu tubuh.

3. Gangguan Genetik Trimethylaminuria

Masalah bau badan juga bisa disebabkan oleh penyakit genetik langka yang disebut trimethylaminuria. Orang yang menderita masalah genetik ini akan mengalami gangguan metabolisme yang menyebabkan tubuh mengeluarkan senyawa kimia trimethylamine. Senyawa ini tidak dapat dipecah oleh tubuh sehingga menimbulkan bau badan tak sedap, meski sedang tidak berkeringat. Penyakit ini hanya diderita 1 di antara 200 ribu orang, namun mayoritas penderitanya adalah wanita.

4. Penyakit Diabetes

Berdasarkan data Diabetes Atlas yang diterbitkan oleh International Diabetes Federation (IDF), wanita lebih rentan terkena risiko diabetes dibandingkan pria. Hal ini terjadi karena wanita melakukan lebih sedikit aktivitas daripada pria, sehingga tidak menghabiskan karbohidrat atau glukosa. Selain itu, wanita hamil juga bisa mengalami kondisi resistensi insulin yang bisa menyebabkan diabetes. Diabetes ini menjadi salah satu penyakit yang dapat menyebabkan masalah bau badan.

5. Tingkat Stres yang Tinggi

Penelitian yang dilakukan oleh American Physiological Association mengatakan bahwa wanita lebih rentan mengalami stres dibandingkan pria. Sebab, wanita memiliki gangguan fisik dan emosional yang lebih besar. Stres juga merupakan salah satu penyebab timbulnya masalah bau badan.

6. Konsumsi Makanan Berminyak dan Berlemak

Sebagian besar wanita melampiaskan stresnya dengan cara makan. Kondisi ini biasanya disebut dengan binge-eating disorder. Wanita cenderung makan secara terus-menerus tanpa memperhatikan kandungan gizi suatu makanan. Tak jarang, wanita juga mengonsumsi makanan berminyak dan berlemak dalam jumlah banyak. Konsumsi makanan berminyak dan berlemak juga menjadi peicu pada masalah bau badan pada wanita.

Bagaimana Cara Mengatasi Bau Badan Wanita?

Jangan biarkan bau badan menurunkan tingkat kepercayaan diri Anda. Banyak sekali tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Jaga Kebersihan Tubuh

Kebersihan menjadi faktor utama dalam mengatasi bau badan di tubuh Anda. Jangan sampai Anda malas mandi, terutama saat perubahan hormon sedang terjadi. Di saat Anda sedang menstruasi atau hamil, Anda harus rajin mengganti baju dan pakaian dalam serta mandi minimal dua kali sehari. Anda juga disarankan mandi menggunakan sabun antibakteri untuk mengusir bakteri penyebab bau badan dengan lebih efektif.

2. Pelajari Teknik Relaksasi

Stres merupakan salah satu penyebab paling tinggi masalah bau badan pada wanita. Demikian, seorang wanita harus mengerti bagaimana mengontrol emosi dan pikiran. Anda bisa melakukan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau biofeedback alias teknik mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.

3. Rajin Minum Air Putih

Wanita banyak melakukan aktivitas-aktivitas yang ringan. Padahal, keringat sangat dibutuhkan untuk mengeluarkan bakteri jahat yang ada pada kulit dan pori-pori tubuh. Salah satu cara untuk memperbanyak produksi keringat adalah dengan rajin meminum air putih.

5. Gunakan Deodoran

Untuk tips terakhir, anda bisa menggunakan deodorant untuk meminimalisir bau badan Anda. Anda bisa memilih deodorant yang mengandung antiperspirant untuk mencegah keringat berlebih. Dan pilihlah produk yang sekaligus bisa memerangi masalah ketiak basah atau ketiak hitam.

Nah, sudah pada tau kan penyebab dan cara mengatasi bau badan. Jangan biarkan bau badanmu merusak momen mu!

Pakai Kutus Kutus yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya,
minyak herbal alami yang banyak manfaatnya, klik disini untuk pemesanan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us