Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Bahan-bahan Alami yang Dapat Digunakan Untuk Menghilangkan Batuk Kering

Kutus Kutus – Batuk kering sering kali terasa menyakitkan dan membuat tenggorokan gatal sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi batuk kering biasanya dapat sembuh dengan sendiri tanpa mengonsumsi obat-obatan, meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika anda merasa sangat tersiksa dengan kondisi ini, anda bisa mencoba beberapa bahan alami untuk menghilangkan batuk kering. Apa saja? Yuk simak artikel berikut.

Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan batuk kering yang anda derita.

1. Air putih

Minum lebih banyak air putih dapat membantu mengatasi batuk kering. Tubuh yang terhidrasi bisa membuat tenggorokan tetap lembap sehingga mempercepat proses penyembuhan. Usahakan untuk minum air putih sekitar 8-12 gelas per hari.

2. Madu asli

Madu menjadi slah satu obat alternative yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit ringan. Madu juga telah digunakan secara turun-temurun sebagai obat batuk kering alami maupun jenis batuk lainnya. Bukan hanya dapat melapisi tenggorokan, madu memiliki sifat antiradang alami yang bisa membantu meredakan iritasi tenggorokan. Selain itu, efek antimikroba yang dimilikinya juga berpotensi meredakan infeksi bakteri atau virus yang ringan. Sebuah tinjauan pada tahun 2018 menyimpulkan bahwa madu sama efektifnya dengan diphenhydramine untuk mengatasi batuk.

3. Uap

Menghirup uap hangat dapat membantu mengatasi batuk kering. Uap hangat mampu melembapkan saluran hidung yang kering dan teriritasi, meredakan sakit tenggorokan, dan mengurangi keparahan batuk yang disebabkan oleh infeksi atau alergi. Ketika menghirup uap, letakkan handuk menutupi kepala untuk meningkatkan kelembapan. Gunakan air yang hangat karena air yang mendidih dapat menyebabkan luka bakar pada kulit wajah anda.

4. Air garam

Menurut studi pada tahun 2019 di Scientific Report, berkumur tiga kali sehari dengan air garam mampu mengurangi durasi batuk dan suara serak. Berkumurlah dengan perlahan selama 30 detik, lalu muntahkan kembali.

Namun cara ini sebaiknya tidak dilakukan pada anak-anak, karena mereka belum paham untuk memuntahkan air kembali.

5. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa curcumin yang memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antiradang. Minum teh kunyit dapat membantu meredakan batuk dan gejala asma. Bahan alami ini juga telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional India untuk mengobati berbagai penyakit, mulai dari arthritis hingga penyakit pernapasan.

6. Jahe

Bukan hanya mengobati mual dan sakit perut, jahe juga dapat digunakan untuk menghilangkan batuk kering dengan mengendurkan otot polos pada saluran napas dan melembapkan tenggorokan. Anda dapat mengonsumsi teh jahe atau menghirup uap rebusannya untuk mendapatkan manfaatnya.Gingerol, yakni senyawa kimia dalam jahe segar, juga mampu menekan reaksi berlebih pada penderita asma ketika terpapar pemicunya sehingga mencegah timbulnya gejala. 

7. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antiradang. Bahan alami ini dapat membantu meredakan batuk yang berkaitan dengan flu. Mengonsumsi bawang putih secara teratur bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Sup atau kaldu

Sup atau kaldu merupakan cairan hangat yang dapat membantu menambah kelembapan sekaligus meredakan tenggorokan yang gatal dan sakit. Cairan hangat ini juga membantu Anda tetap terhidrasi yang penting untuk mempercepat proses penyembuhan.

9. Bromelain

Bromelain merupakan enzim yang ditemukan di dalam nanas. Enzim ini memiliki sifat antiradang kuat yang dapat membantu mengurangi jaringan tenggorokan yang bengkak dan teriritasi. Selain itu, bromelain juga mampu memecah lendir. Anda bisa mendapatkan bromelain dari segelas jus nanas.

10. Pelega tenggorokan

Pelega tenggorokan yang mengandung mint atau mentol memiliki efek pendingin yang kuat sehingga mampu menenangkan jaringan yang teriritasi dan meredakan batuk. Anda dapat membelinya di apotek atau toko-toko.Bahan di atas tidak menggantikan obat utama. Apabila perawatan di rumah tidak memberi hasil yang signifikan, Anda dapat membeli obat batuk kering yang dijual bebas tanpa resep di apotek.Selain itu, Anda juga bisa memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat, terutama saat kondisi dirasa memburuk.

Anda juga dapat mengobatinya dengan Kutus Kutus yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya, minyak herbal alami yang banyak manfaatnya, klik disini untuk pemesanan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us