Wajib Tahu ! Penyebab Sariawan yang Sering Dianggap Sepele

Kutus KutusTak sedikit orang pernah mengalami sariawan, dan tak jarang pula sariawan muncul secara tiba-tiba. Ada beberapa faktorl yang sebenarnya tanpa kita sadari dapat menyebabkan munculnya sariawan.

Penyebab sariawan tentu kadang sulit dipastikan. Walau begitu, ada berbagai faktor yang diketahui dapat memicu kondisi ini, mulai dari kurangnya asupan nutrisi, konsumsi makanan asam atau pedas, kebiasaan merokok, hingga penggunaan obat-obatan tertentu. Selain itu, ada pula beberapa hal yang tanpa Kamu sadari dapat menyebabkan sariawan.

Penyebab Sariawan yang Sering Tidak Kita Sadari

Di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya sariawan:

1.Menyikat gigi terlalu keras

Menyikat gigi terlalu keras dapat menjadi salah satu penyebab munculnya sariawan. Pasalnya, saat Kamu menyikat gigi terlalu keras atau menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang kasar, Kamu dapat melukai gusi dan permukaan dinding rongga mulut. Luka inilah yang dapat berujung pada munculnya sariawan.

2. Luka tergigit

Bibir, lidah, atau bagian dalam pipi kadang dapat tidak sengaja tergigit saat berbicara atau makan. Tentu hal ini akan mengakibatkan luka, yang kemudian bisa berkembang menjadi sariawan. Luka di dalam mulut juga dapat terjadi akibat tertusuk duri ikan, tusuk gigi, atau terkena alat makan.

3. Pemakaian kawat gigi

Pemakaian kawat gigi juga dapat  menimbulkan sariawan. Hal ini karena bagian tepi atau ujung kawat gigi dapat menggesek permukaan dalam pipi, sehingga menimbulkan luka dan sariawan. Selain kawat gigi, pemakaian gigi palsu yang tidak pas juga bisa menyebabkan sariawan.

4. Kebersihan mulut yang kurang baik

Kurangnya terjaganya kebersihan gigi dan mulut dapat menyebabkan berbagai kuman bersarang di dalam mulut dan menyebabkan infeksi. Sariawan dapat muncul ketika infeksi bakteri ini menimbulkan peradangan dan luka di rongga mulut.

5.Cemas dan stres

Perasaan cemas dan stres yang sering kali tidak kita sadari dapat memudahkan munculnya sariawan. Tidak hanya beban emosional, beban fisik yang menyebabkan tubuh kelelahan juga dapat menimbulkan sariawan.

Cara Mencegah Sariawan

Tentu sariawan bisa hilang dengan sendirinya, namun Kamu dapat mempercepat proses penyembuhannya dengan langkah-langkah berikut:

1. Menjaga kebersihan mulut

Cara utama untuk mengatasi sariawan adalah menjaga kebersihan mulut, dengan rutin menyikat gigi menggunakan pasta gigi dan sikat gigi berbulu lembut. Selain itu, gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi.

 

2. Kompres dengan es batu

Kamu bisa mengompres sariawan menggunakan es, dengan cara mengulum es  batu di area yang mengalami sariawan. Cara ini bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri dan mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh sariawan.

3. Cukupi asupan nutrisi

Kekurangan asupan nutrisi juga salah satu factor penyebab munculnya sariawan. Jadi, pastikan tubuh Kamu sudah mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, terutama vitamin B12, zinc, zat besi, dan asam folat. Kamu dapat memenuhi seluruh asupan nutrisi tersebut dari sayuran hijau dan buah-buahan.

4. Gunakan obat kumur alami

Obat kumur yang mengandung bahan alami, seperti daun sirih, daun saga, dan akar manis (licorice), juga bisa Kamu gunakan untuk mengobati sariawan, karena bahan-bahan ini memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiradang.
Selain mampu mengatasi sariawan, bahan-bahan alami tersebut juga dapat menjaga kesegaran mulut Kamu.

5. Hindari makanan yang menyebabkan sariawan

Jika munculnya sariawan dipicu oleh makanan pedas, asam, dan panas, maka Kamu perlu menghindari konsumsi makanan tersebut untuk sementara waktu. Hindari pula mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas, karena berisiko memperparah luka pada sariawan dan memperlambat penyembuhannya.

Pakai Kutus Kutus yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya, minyak herbal alami yang banyak manfaatnya, klik disini untuk pemesanan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *