Takut Operasi Mata Ikan? Berikut Cara Alami Menghilangkan Mata Ikan Tanpa Operasi

Kutus Kutus – Mata ikan merupakan suatu kondisi gangguan kulit yang menebal dan mengeras yang kerap kali mengganggu aktivitas. Mata ikan biasanya muncul akibat gesekan dan tekanan yang berulang.

Mata ikan berbeda dengan kapalan. Dalam medis dikenal sebagai clavus, yakni tumpukan kulit berbentuk bulat yang biasanya berukuran lebih kecil dari kapalan. Serta memiliki inti atau bagian tengah yang keras,

Tak jarang mata ikan mengganggu kenyamanan sehari-hari dan pasien memilih operasi sebagai alternatif pengobatan tercepat. Nmun, terdapat beberpa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan mata ikan tanpa operasi. Lantas, apa saja bahan-bahannya? Simak artikel berikut ini.

Larutan Cuka Sari Apel

Dilansir dari doktersehat, kandungan dari cuka sari apel akan membantu melembutkan dan menyingkirkan mata ikan di kaki.

Dikenal sejak lama, manfaat cuka sari apel mampu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati. Selain itu juga bersifat antibakteri dan bisa membunuh bakteri di area mata ikan.

Cara menghilangkan mata ikan secara alami, cukup rendam kaki Anda dalam larutan cuka sari apel selama 25 menit. Kemudian gosokkan batu apung secara perlahan.

Terakhir, balut bagian mata ikan dengan perban yang telah dibasahi dengan cuka sari apel. Lakukan rutin selama satu minggu dan mata ikan akan hilang.

Batu Apung

Cara menghilangkan mata ikan yang terkenal ampuh ialah menggunakan batu apung. Penggunaan yang teratur guna mengurangi tekanan dan rasa sakit.

Dikutip dari hellosehat, batu apung merupakan obat alami penyakit mata ikan, sebab dipercaya menghilangkan kulit mati serta mengempeskan kulit yang mengeras. Langkah mudahnya:

  • Rendam kaki menggunakan air hangat yang telah ditetesi sabun cari secukupnya. Diamkan hingga kulit kaki Anda terasa lembut.
  • Basahi batu apung, lalu gosokkan pada bagian kulit yang mengeras selama 2-3 menit. Jangan terlalu lama, bisa mengakibatkan infeksi dan pendarahan.
  • Terakhir, bilas menggunakan air hangat dan sabun. Baru diolesi dengan pelembab.

Bawang Putih

Cara menghilangkan mata ikan dengan bahan alami yang dipercaya sebagai antibakteri selanjutnya, ialah bawang putih.

Bawang putih dikenal ampuh sebagai bahan alami yang efektif menghilangkan mata ikan pada kaki. Caranya cukup mudah, yakni:

  • Potong bawang putih segar.
  • Gosokkan pada mata ikan selama satu menit.
  • Lalu, bawang putih segar diparut atau dipotong, letakkan pada mata ikan dan tutup menggunakan perban.
  • Lakukan secara rutin dan diganti supaya mendapat hasil yang maksimal.

Perasan Lemon

Cara menghilangkan mata ikan secara alami berikutnya menggunakan air perasan lemon yang masam. Oleskan air lemon pada mata ikan setiap malam sebelum tidur.

Lakukan rutin setidaknya tiga kali sehari hingga kulit yang mengeras menjadi lunak dan mata ikan mudah digosok dengan batu apung.

Nanas

Buah masam yang efektif untuk menghilangkan mata ikan selanjutnya ialah nanas. Dilansir dari doktersehat, kandungan enzim bromelain dalam nanas bisa melunakkan mata ikan.

Nanas mampu meringankan rasa sakit dan mempercepat penyembuhan. Langkah mudahnya hampir sama dengan pengaplikasian air lemon.

Pertama, iris tipis buah nanas dan letakkan pada kain kasa atau perban. Diamkan di atas mata kaki semalaman. Keesokan paginya, bersihkan. Lakukan rutin setiap hari untuk hasil yang optimal.

Kunyit

Selain menggunakan buah, Anda bisa mengandalkan rempah-rempah kunyit sebagai cara menghilangkan mata ikan secara alami.

Kunyit dipercaya memiliki sifat antimikroba dan penyembuh alami. Semakin optimal bila dicampur dengan madu untuk menghilangkan mata ikan.

Pertama, parut kunyit secukupnya. Aduk bersama madu hingga membentuk pasta. Oleskan pada mata ikan dan biarkan mengering. Lakukan dua kali sehari dan mata ikan akan cepat hilang.

Pakai Kutus Kutus yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya,
minyak herbal alami yang banyak manfaatnya, klik disini untuk pemesanan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *