Ingin Terhindar Bisul? Ini 8 Penyebab Bisul yang Harus Kamu Hindari

Kutus Kutus – Bisul merupakan kondisi kulit yang ditandai dengan benjolan yang berisi nanah di permukaan kulit. Biasanya disebabkan karena terjadinya infeksi di dalam folikel rambut.

Gejala bisul biasanya ditandai dengan area kulit yang memerah dan muncul benjolan. Setelah empat sampai tujuh hari, benjolan tersebut mulai berisi nanah dan menimbulkan rasa nyeri.

Untuk menghindari kemunculan bisul, anda perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab kemunculan bisul. Apa saja?

Faktor Penyebab Munculnya Bisul

Umumnya, penyebab timbulnya bisul karena kehadiran bakteri Staphylococcus. Untuk menghindari perkembangan bakteri ini agar tidak menimbulkan penyakit bisul yang lebih serius, simak penyebab bisul berikut ini: 

1. Kurang Menjaga Kebersihan Kulit

Seperti yang kita tahu bahwa bisul timbul karena terjadinya infeksi pada permukaan kulit yang disebabkan oleh bakteri.

Adanya bakteri juga disebabkan karena tingkat kebersihan yang buruk. Kondisi kulit yang kotor dan jarang dibersihkan bisa menjadi sarang berbagai jenis bakteri tumbuh.

Bila kondisi ini terus dibiarkan akan menyebabkan kondisi bisul semkain parah. Maka, pastikan kamu tetap menjaga kebersihan agar tubuh tak mudah terserang oleh bakteri.

2. Sistem Kekebalan Tubuh Lemah

Seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah akan mudah terserang berbagai penyakit yang mengganggu kesehatan tubuh. Salah satunya adalah akan mudah terserang bakteri penyebab bisul, yakni bakteri Staphylococcus.

Sehingga, kamu perlu menjaga sistem imun tubuh agar tetap sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi agar tidak mudah terserang bakteri penyebab penyakit yang akan mudah berkembang di dalam tubuh. 

3. Sering Terpapar Bahan Kimia

Penyebab timbulnya bisul juga bisa disebabkan karena terlalu sering terpapar bahan kimia atau kosmetik yang menyebabkan iritasi pada kulit.

Gejalanya biasanya ditandai dengan timbulnya benjolan merah pada permukaan kulit dan terasa gatal.

Gunakan produk kosmetik dengan bahan-bahan yang aman untuk kulit untuk meminimalisir timbulnya bisul pada kulit.

4. Penyakit Diabetes

Penderita diabetes lebih rentan terkena bisul karena faktor faktor kinerja insulin di dalam tubuh lebih keras dibandingkan orang dengan tubuh sehat lainnya.

Kinerja insulin yang terlalu keras dan berat akan memicu hormon untuk memproduksi kelenjar minyak lebih banyak. Sehingga bakteri akan lebih mudah hidup dan berkembang. 

5. Makanan Berlemak Tinggi

Tak hanya karena bakteri ataupun kondisi kesehatan tertentu, makanan juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya bisul.

Misal, makanan yang mengandung lemak tinggi membuat folikel kulit lebih rentan terserang bakteri karena mampu meningkatkan produksi hormon yang mirip dengan insulin.

Jenis makanan berlemak tinggi biasanya seperti daging olahan, es krim, dan juga mentega.

6. Gula Darah Berlebih

Selain makanan berlemak tinggi, gula juga menjadi salah satu makanan penyebab bisul. Apabila mengonsumsi makanan manis mengandung gula tinggi dapat menyebabkan naiknya gula darah hingga dapat mengganggu kerja insulin.

Kinerja insulin yang berat akan memicu hormon untuk memproduksi minyak lebih banyak, sehingga bisul akan lebih mudah muncul.

7. Infeksi Kulit

Bakteri tidak hanya tumbuh karena kebersihan yang kurang terjaga. Namun, juga bisa terjadi karena akibat infeksi kulit yang terlalu lama dibiarkan.

Infeksi kulit akan memicu munculnya bakteri yang akan menyebabkan kondisi luka semakin memburuk sehingga bisul akan lebih bisa tumbuh pada area sekitar luka.

Sehingga, pastikan kamu segera mengobatinya ke dokter agar tidak memicu penyakit lain yang lebih serius. 

8. Melakukan Kontak dengan Penderita

Bisul adalah salah satu penyakit yang dapat menular dari satu orang ke yang lainnya melalui kontak langsung antara kulit sehat dengan nanah. Risiko akan lebih besar bila tinggal dalam satu rumah dengan penderita.

Selain itu, penularan juga bisa terjadi melalui penularan tidak langsung jika kamu pernah meminjam barang pribadi penderita, sehingga mudah bagi bakteri untuk menular.

Untuk mengurangi perih biduran, pakai Kutus Kutus yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya, minyak herbal alami yang banyak manfaatnya, klik disini untuk pemesanan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *