Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan, Bisa Juga Digunakan Untuk Memasak

Kutus Kutus – Minyak zaitun adalah jenis minyak yang berasal dari buah zaitun. Kandungan minyak ini memang dikenal sebagai jenis minyak yang paling baik untuk memasak. Namun, tidak hanya itu saja, minyaknya bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik untuk kecantikan, obat-obatan, dan bahan bakar lampu tradisional. Minyak ini paling banyak diproduksi di Spanyol, Italia, dan Yunani.

Pengolahan minyak zaitun secara tradisional
Cara pengolahan tradisional ini dimulai dengan menghancurkan buah zaitun menjadi pasta atau adonan. Tujuannya, untuk melepaskan minyak dari daging buah. Caranya dengan memasukkan buah pada wadah penggiling yang terbuat dari batu granit. Ketika roda penggiling ditarik, buah zaitun akan dihancurkan.
Proses pembuatan pasta dari buah zaitun dilakukan selama 20 hingga 45 menit. Fungsinya, supaya minyak yang terkumpul jumlahnya akan lebih banyak dan enzim pada buah menghasilkan aroma serta rasa yang diinginkan.

Pengolahan minyak zaitun secara modern
Pengolahan secaran modern tidak lagi menggunakan wadah penghancur dari granit. Alat yang digunakan terbuat dari stainless steel yang dapat berputar dengan kecepatan tinggi.
Buah zaitun akan dimasukkan dan dihancurkan dengan hammermill atau cakram bergerigi. Proses ini dapat menghasilkan pasta zaitun yang sangat lembut. Untungnya, alat ini dilengkapi dengan gas inert untuk mengurangi oksidasi dan menghasilkan minyak berkualitas tinggi.
Kemudian, pasta zaitun akan ditempatkan pada botol untuk dilakukan sentrifugasi sebanyak tiga fase. Ini dilakukan untuk mengeluarkan air dan minyak dari pasta zaitun.

Apa saja manfaat minyak zaitu hingga dpat dikatakan minyak yang paling baik untuk masakan?
Mengandung antioksidan yang tinggi dan lemak tak jenuh tunggal
Minyak alami yang diekstrak dari buah zaitun ini mengandung asam olet sebanyak 73% dari total kandungan minyak. Selain itu, minyak ini juga mengandung antioksidan, vitamin E, dan vitamin K yang bermanfaat untuk melindungi kolesterol dalam darah dan menurunkan penyakit jantung.

Efek antioksidan pada minyak dari buah zaitun ini juga dimanfaatkan untuk dunia kecantikan, yaitu digunakan pada produk-produk antiaging.

Bersifat antibakteri
Studi menunjukkan bahwa kandungan nutrisi dari buah zaitun dapat menghambat dan membunuh bakteri berbahaya, seperti Helicobacter pylori. Bakteri ini hidup di perut dan dapat menyebabkan tukak lambung dan kanker perut.

Dapat mengurangi risiko kanker
Minyak zaitun yang kaya antioksidan dipercaya dapat mengurangi kerusakan oksidatif akibat radikal bebas, yaitu faktor utama munculnya kanker. Namun, butuh penelitian lebih lanjut mengenai potensi minyak zaitun untuk mengurangi risiko dan mencegah kanker.


Bersifat antiinflamasi
Penelitian menemukan bahwa minyak zaitun extra virgin mengandung antiinflamasi, yaitu oleocanthal. Senyawa ini terbukti bekerja mirip ibuprofen—jenis obat antinyeri dan antiradang. Selain itu, asam lemak oleat juga bekerja mengurangi kadar inflamasi seperti C-reactive protein (CRP).


Dapat mencegah stroke
Sebuah studi menunjukkan bahwa 140.000 peseta yang mengonsumsi minyak zaitun, memiliki risiko stroke lebih rendah dibanding mereka yang tidak. Para peneliti percaya bahwa olive oil mengandung lemak tak jenuh tunggal sehingga mengurangi peradangan serta melancarkan sirkulasi darah ke otak.


Dapat melindungi kesehatan jantung
Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak zaitun extra virgin mengandung lemak tidak jenuh tunggal. Kandungan tersebut dapat menurunkan peradangan, melindungi kolesterol jahat dari oksidasi, menjaga tekanan darah, meningkatkan lapisan pembuluh darah dan mencegah terjadinya pembekuan darah yang berlebih.

Dapat mencegah obesitas dan penyakit diabetes tipe 2
Minyak zaitun dikenal dapat mencegah obesitas jika dimasukkan dalam menu diet.
Minyak ini diketahui memiliki kandungan lemak sehat yang jika dikonsumsi dengan benar dapat menurunkan berat badan dan meningkatkan kadar antioksidan dalam darah. Selain membantu mengendalikan berat badan, olive oil juga memiliki efek yang baik pada gula darah dan sensistivitas insulin yang erat hubungannya untuk mencegah diabetes tipe 2.

Dapat melawan penyakit Alzheimer
Penyakit Alzheimer menyebabkan penurunan fungsi otak sehingga memengaruhi seseorang dalam berpikir dan melakukan aktivitas. Sebuah studi berbasis tikus menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat membantu mengurangi plak yang memakan sel-sel di otak. Ini artinya, kandungan nutrisi olive oil menjaga fungsi otak tetap normal dan berpotensi menjadi obat untuk penyakit Alzheimer di masa depan. Perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektiviitas minyak zaitun untuk melawan Alzheimer.


Dapat mengobati rheumatoid arthritis
Rheumatoid arthritis merupakan penyakit autoimun yang ditandai dengan nyeri dan pembengkakan pada sendi sehingga membuat seseorang tidak dapat bergerak dengan bebas. Studi menunjukkan bahwa suplemen minyak zaitun berpotensi mengurangi peradangan dan stres oksidatif pada orang dengan RA. Manfaatnya sangat maksimal jika dikombinasikan dengan minyak ikan, yaitu sumber asam lemak omega 3 yang juga kaya dengan senyawa antiinflamasi.

Nah, itu dia beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan. Selain dapat digunakan untuk memasak, minyak ini juga dapat dikonsumsi langsung seperti minum vitamin.

Pakai Kutus Kutus yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya,
minyak herbal alami yang banyak manfaatnya, klik disini untuk pemesanan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *